RASIONALITAS MASYARAKAT KEPULAUAN DALAM MEMILIH PEMIMPIN (STUDI KASUS PEMILIHAN KEPALA DESA TAHUN 2013 DI DESA SEPANJANG, KECAMATAN SAPEKEN, KABUPATEN SUMENEP)

RIZAUL INSAN, NIM . 08720026 (2015) RASIONALITAS MASYARAKAT KEPULAUAN DALAM MEMILIH PEMIMPIN (STUDI KASUS PEMILIHAN KEPALA DESA TAHUN 2013 DI DESA SEPANJANG, KECAMATAN SAPEKEN, KABUPATEN SUMENEP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (RASIONALITAS MASYARAKAT KEPULAUAN DALAM MEMILIH PEMIMPIN (STUDI KASUS PEMILIHAN KEPALA DESA TAHUN 2013 DI DESA SEPANJANG, KECAMATAN SAPEKEN, KABUPATEN SUMENEP))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (RASIONALITAS MASYARAKAT KEPULAUAN DALAM MEMILIH PEMIMPIN (STUDI KASUS PEMILIHAN KEPALA DESA TAHUN 2013 DI DESA SEPANJANG, KECAMATAN SAPEKEN, KABUPATEN SUMENEP))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (969kB)

Abstract

Pemilihan kepala Desa di Desa Sepanjang tahun 2013 merupakan momen politik di tingkat Desa. Pemimpin atau kepala Desa dipilih secara langsung oleh masyarakat Desa Sepanjang. Partisipasi masyarakat Sepanjang dalam pilkades 2013 yang sangat luar biasa besarnya. Hal ini menjadi bukti adanya kesadaran dalam masyaraat Sepanjang dalam berpolitik. Tanpa kerterlibatan masyarakat Sepanjang, mustahil sistem demokrasi berupa pilkades di Desa Sepanjang dapat terlaksana dengan baik. Penelitian ini memfokuskan pada sejauh mana rasionalitas masyarakat kepulauan di Desa Sepanjang dalam memilih pemimpin atau kepala Desa tahun 2013. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Pendekatan teoritik dalam penelitian ini ialah teori tindakan sosial Weber. Mengacu pada analisis Weber didapati bahwa kecenderungan masyarakat di Desa Sepanjang dalam menggunakan hak pilihnya berdasarkan pada beberapa hal, diantaranya ialah; pertama, pilihan politik warga Sepanjang yang paling dominan dalam kacamata Weber dapat dikategorikan pada tindakan tradisional. Kedua, pilihan politik masyarakat Sepanjang acap dipengaruhi oleh kekuasaan atau dominasi elit dan tokoh masyarakat. Aha Bani dan Panrita misalnya, sangat kuat dalam mempengaruhi pilihan politik masyarakat Sepanjang. Ketiga, ancaman teror kekerasan dan politik uang mewarnai dalam pilkades Desa Sepanjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. phil. Ahmad Norma Permata, SM.A
Uncontrolled Keywords: Pilkades, Sepanjang, Ancaman, Politik Uang, Aha Bani, Panrita,
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:00
Last Modified: 07 Apr 2015 03:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15545

Actions (login required)

View Item View Item