PERAN KELOMPOK SADAR WISATA TERHADAP PERKEMBANGAN PARIWISATA PANTAI BARON DAN GOA PINDUL (STUDI KOMPARASI KELOMPOK SADAR WISATA PANTAI BARON DAN DEWA BEJO)

ARIF ROHMAN, NIM. 10720022 (2015) PERAN KELOMPOK SADAR WISATA TERHADAP PERKEMBANGAN PARIWISATA PANTAI BARON DAN GOA PINDUL (STUDI KOMPARASI KELOMPOK SADAR WISATA PANTAI BARON DAN DEWA BEJO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN KELOMPOK SADAR WISATA TERHADAP PERKEMBANGAN PARIWISATA PANTAI BARON DAN GOA PINDUL (STUDI KOMPARASI KELOMPOK SADAR WISATA PANTAI BARON DAN DEWA BEJO))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN KELOMPOK SADAR WISATA TERHADAP PERKEMBANGAN PARIWISATA PANTAI BARON DAN GOA PINDUL (STUDI KOMPARASI KELOMPOK SADAR WISATA PANTAI BARON DAN DEWA BEJO))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan pariwisata Kabupaten Gunungkidul tidak lepas dari potensi alam yang dimiliki. Potensi alam yang dimiliki Kabupaten Gunungkidul meliputi potensi wisata pantai, sungai bawah tanah, goa, gunung purba, telaga dan gunung karst. Kelompok sadar wisata sebagai bagian dari kepariwisataan memegang peranan yang penting terhadap perkembangan kawasan wisata dan menjaga kawasan wisata. Peran Kelompok Sadar Wisata Dewa Bejo dan Kelompok Sadar Wisata Pantai Baron sangat penting terhadap berkembangnya obyek wisata Goa Pindul dan Pantai Baron. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kelompok sadar wisata terhadap perkembangan obyek wisata Pantai Baron dan Goa Pindul serta mengetahui faktor-faktor pendorong maupun faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan teori fungsional struktural dari Talcott Parsons. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif analitik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, dokumentasi, serta observasi. Analisis data dalam penelitian ini melakukan tiga langkah yakni reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran Kelompok Sadar Wisata Dewa Bejo penting bagi perkembangan obyek wisata Goa Pindul. Keberhasilan Peran Kelompok Sadar Wisata Dewa Bejo dapat dilihat dari kegiatan yang ada, yakni menciptakan kawasan Sapta Pesona, pemberdayaan masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan baru, pendapatan yang setiap tahunnya mengalami peningkatan pada tahun 2010 terdapat 98 pengunjung, tahun 2011 terdapat 5.421 pengunjung, tahun 2012 terdapat 60.203 pengunjung, tahun 2013 terdapat 74.144 pengunjung. Kelompok Sadar Wisata Pantai Baron kurang berperan bagi perkembangan obyek wisata Pantai Baron. Keberhasilan Kelompok Sadar Wisata Pantai Baron yakni terciptanya kawasan pantai yang bersih sejak adanya kegiatan jum’at bersih. Faktor pendorong Pantai Baron yakni, potensi hasil laut, serta terciptanya peluang pekerjaan. Faktor penghambat Pantai Baron yakni, peran pemerintah yang masih kurang, serta masih terjadi permasalahan dalam pengelolaannya. Faktor pendorong Goa pindul yakni, menciptakan peluang pekerjaan baru bagi masyarakat khususnya Desa Bejiharjo, bantuan PNPM Mandiri, serta penghargaan yang telah dicapai. Faktor yang menghambat berkembangnya obyek wisata Goa Pindul yakni, sertifikasi pemandu wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Ambar Sari Dewi, S.Sos, M. Si
Uncontrolled Keywords: Peran Kelompok Sadar Wisata / Pariwisata Pantai Baron dan Goa Pindul
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Apr 2015 07:15
Last Modified: 07 Apr 2015 07:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15552

Actions (login required)

View Item View Item