AL QISSAH AL QASIRAH KHALIL AL KAFIR FI MAJMU'AH AL QISSAH AL ARWAH AL MUTAMARRIDAH LI GIBRAN KHALIL GIBRAN (DIRASAH TAHLILIYYAH HAYMANAH LI AN

BAGUS RAMADHANI SETIAWAN, NIM. 10110002 (2015) AL QISSAH AL QASIRAH KHALIL AL KAFIR FI MAJMU'AH AL QISSAH AL ARWAH AL MUTAMARRIDAH LI GIBRAN KHALIL GIBRAN (DIRASAH TAHLILIYYAH HAYMANAH LI AN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (AL QISSAH AL QASIRAH KHALIL AL KAFIR FI MAJMU'AH AL QISSAH AL ARWAH AL MUTAMARRIDAH LI GIBRAN KHALIL GIBRAN (DIRASAH TAHLILIYYAH HAYMANAH LI AN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (AL QISSAH AL QASIRAH KHALIL AL KAFIR FI MAJMU'AH AL QISSAH AL ARWAH AL MUTAMARRIDAH LI GIBRAN KHALIL GIBRAN (DIRASAH TAHLILIYYAH HAYMANAH LI AN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (556kB)

Abstract

Cerita pendek berjudul “Khalil al-Kaafir” adalah salah satu kisah dari kumpulan cerpen“al-Arwah al-Mutamarridah” karya Kahlil Gibran. Cerita pendek ini mengisahkan tentang pengaruh kekuasaan pemimpin desa di utara Lebanon yang juga merangkap menjadi wali dan hakim. Penelitian ini menggunakan teori hegemoni Antonio Gramsci yang merupakan bagian dari teori sosiologi sastra. Teori ini bekerja untuk menemukan bentuk-bentuk pengaruh dari kelompok dominan serta formasi ideologis di dalam cerita dan juga mencari bentuk perlawanan dari kelompok sub-altern. Hasil penelitian yang dilakukakan oleh peneliti adalah, ditemukan bentuk hegemoni yang dilakukan oleh kelompok dominan yaitu kelompok kelas atas yang diwujudkan dalam tokoh pendeta, Khuri Ilyas, dan Syaikh Abbas.Tokoh ini berideologi kapitalisme dan didukung oleh ideologi otoritarianisme dan militerisme. Ditemukan juga bentuk perlawanan dari kelompok sub-alternatau kelompok kelas bawah yang diwujudkan dalam tokoh Kholil, Pembantu, Maryam, Rahil, dan masyararakat. Perlawanan yang terjadi merupakan dampak dari hegemoni pemerintah. Kelompok ini berideologi sosialisme dan didukung oleh ideologi feodalisme dan Ideologi anarkisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Aning Ayu Kusumawati
Uncontrolled Keywords: Khalil al-Kaafir
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Apr 2015 08:04
Last Modified: 08 Apr 2015 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15558

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum