AL TAWKID FI MAJMU'AH AL QISSAS AL QASIRAH AL TANZIM AL SIRRI LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAHWIYYAH)

FITRIA NURROHMAH, NIM. 10110083 (2015) AL TAWKID FI MAJMU'AH AL QISSAS AL QASIRAH AL TANZIM AL SIRRI LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAHWIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (AL TAWKID FI MAJMU'AH AL QISSAS AL QASIRAH AL TANZIM AL SIRRI LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAHWIYYAH))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (AL TAWKID FI MAJMU'AH AL QISSAS AL QASIRAH AL TANZIM AL SIRRI LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAHWIYYAH))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul at-Taukid fi Majmu’ati al-Qassasi al-Qasirati Tanzimu as- Sirri li Najib Mahfud (Dirasah Tahliliyyah Nahwiyyah) Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh penemuan penggunaan gaya bahasa pada kumpulan cerpen at-Tanzimu as-Sirry yang memiliki pengaruh kuat terhadap pembaca terutama pada bagian-bagian kalimat tertentu yang mengandung gaya bahasa penegasan,dan seakan mengajak para pembaca benar-benar meyakini apa yang menjadi inti dan penekanan dari penggunaan taukid pada setiap kalimat tertentu dalam cerpen ini. Setiap sastrawan memiliki gaya penulisan masing-masing dalam setiap karya sastranya. Demikian pula gaya bahasa yang digunakan oleh Najib Mahfud dalam karyanya tersebut yang memiliki muatan gaya bahasa penegasan (taukid), hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan keragu-raguan para pembaca.. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengkaji dan meneliti cerpen Najib Mahfud at-Tanzimu as- Sirry dengan mengajukan dua rumusan pertanyaan, pertama, kalimat apa saja yang mengandung taukid dalam kumpulan cerpen at-Tanzimu as-Sirry karya Najib Mahfud?; dan Kedua, apa saja macam-macam taukid yang terdapat dalam kumpulan cerpen at-Tanzimu as-Sirry karya Najib Mahfud? Adapun tujuannya untuk mengetahui bentuk-bentuk kalimat, macam-macam taukid dan pemakainya yang terdapat pada cerpen at-Tanzimu as-Sirry karya Najib Mahfud. Teori yang peneliti gunakan dan ajukan adalah teori gramatikal (nahwu) yang yang penekananya lebih fokus pada salah satu bidang tawabi’ yakni taukid karena hanya teori inilah yang mampu mendeskripsikan kalimat dan macam-macam taukid. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan dengan data primer, berupa cerpen at-Tanzimu as-Sirry yang dikarang oleh Najib Mahfud, dan data sekunder berupa referensi-referensi yang berkaitan dengan data primer baik dari buku, jurnal, kamus, website, artikel, maupun sumber-sumber yang lain. Adapun analisis data dilakukan dengan metode kualitatif dan disajikan dengan metode deskriptif analisis, sehingga dapat diketahui hasil akhir dari penelitian Hasil dari penelusuran dari data primer didapati 01 kalimat atau ungkapan yang mengandung taukid; yang dijelaskan di bab 0. Adapun macam-macam taukid beserta rincian datanya, sebagai berikut: 0. Taukid lafzi berjumlah 21 tempat atau ungkapan yang terbagi sebagai berikut: (a) Isim zohir : 6 tempat, (b) isim zamir : 0 tempat, (c) fi’il: 2 tempat, (d) hurf: 1 tempat, (e) jumlah: 0 tempat,dan (f) muradif: 0 tempat 2. Taukid ma’nawi berjumlah 21 tempat atau ungkapan yang terbagi kedalam bentuk (a) mufrad: 20 tempat dan (b) jama’ : 0 tempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Syihabuddin Qalyubi, Lc., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Gaya bahasa, cerpen, Najib Mahfud
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Apr 2015 08:23
Last Modified: 08 Apr 2015 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15561

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum