AL 'ANASIR AL SIKOLOGIYYAH LI AL SHAKHS AL RAISI FI AL QISSAH AL QASIRAH WARDAT AL HANIY LI GIBRAN KHALIL GIBRAN (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKOLOGIYYAH

MUHAMMAD ANSORI SIDIQ, NIM. 10110020 (2015) AL 'ANASIR AL SIKOLOGIYYAH LI AL SHAKHS AL RAISI FI AL QISSAH AL QASIRAH WARDAT AL HANIY LI GIBRAN KHALIL GIBRAN (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKOLOGIYYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (AL 'ANASIR AL SIKOLOGIYYAH LI AL SHAKHS AL RAISI FI AL QISSAH AL QASIRAH WARDAT AL HANIY LI GIBRAN KHALIL GIBRAN (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKOLOGIYYAH)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (AL 'ANASIR AL SIKOLOGIYYAH LI AL SHAKHS AL RAISI FI AL QISSAH AL QASIRAH WARDAT AL HANIY LI GIBRAN KHALIL GIBRAN (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKOLOGIYYAH)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Wardah Hani merupakan salah satu cerpen Gibran dalam antologinya al- Arwah al-Mutamarridah yang menjadi objek material penelitian ini. Menggunakan rancangan penelitian deskriptif, penelitian ini berusaha mencari gambaran alam psikis tokoh utama. Cerpen ini berkisah tentang seorang perempuan yang berusaha mendobrak tradisi masyarakat yang menindas kaum perempuan. Wardah Hani berani melawan tradisi kawin paksa yang menekan alam psikisnya. Ia meninggalkan suaminya dan hidup bersama pemuda pilihannya. Meskipun dikucilkan dan dihina, ia merasa bebas dan dapat menjadi diri sendiri tanpa merasakan tekanan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tokoh utama dalam cerpen karya Jubron Khalil Jubron. Adapun pendekatan yang digunakan peneliti untuk menganalisis tokoh tersebut adalah pendekatan Psikologi Humanistik Abraham Maslow yang terkenal dengan konsep Hirarki Kebutuhan yang mana konsep ini menjadi landasan dalam pencapaian aktualisasi diri dari tokoh utama. Untuk mencapai aktualisasi diri, seseorang harus memenuhi kebutuhan-kebutuhan di bawahnya, yaitu; kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan keamanan, kebutuhan akan cinta kasih, kebutuhan akan harga diri. Agar mendapatkan gambaran yang lebih utuh tentang psikis tokoh utama, maka dijelaskan pula faktor-faktor yang mempengaruhi tokoh utama dalam prosesnya beraktualisasi diri. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada kejadian tertentu sebagai batu loncatan tokoh utama dalam beraktualisasi diri. Kejadian tersebut di antaranya: pernikahannya di usia dini dengan Rasyid Bik, dan masa dimana ia menemukan cintanya pada seorang pemuda sederhana. Selain itu, ada beberapa karakter yang tampak pada Wardah Hani dalam beraktualisasi diri. Karakter tersebut adalah: 1) Mampu melihat realitas secara lebih efisien, 2) Spontanitas, kesederhanaan, dan kewajaran dalam hidup, 3) Memusatkan diri pada masalah, 4) Pribadi yang otonom, 5) Membedakan dengan jelas antara cara dan tujuan, 6) Kesadaran sosial, 7) Daya tahan terhadap pengaruh kebudayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Taufiq A. Dardiri, SU
Uncontrolled Keywords: Wardah Hani
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Apr 2015 08:38
Last Modified: 08 Apr 2015 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15569

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum