DAMPAK PERALIHAN MATA PENCAHARIAN TERHADAP MOBILITAS SOSIAL (STUDI PADA MASYARAKAT LAMPON DUSUN RINGINSARI DESA PESANGGARAN KEC. PESANGGARAN KAB. BANYUWANGI)

DENAR SEPTIAN ARIFIN, NIM. 10720037 (2015) DAMPAK PERALIHAN MATA PENCAHARIAN TERHADAP MOBILITAS SOSIAL (STUDI PADA MASYARAKAT LAMPON DUSUN RINGINSARI DESA PESANGGARAN KEC. PESANGGARAN KAB. BANYUWANGI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PERALIHAN MATA PENCAHARIAN TERHADAP MOBILITAS SOSIAL (STUDI PADA MASYARAKAT LAMPON DUSUN RINGINSARI DESA PESANGGARAN KEC. PESANGGARAN KAB. BANYUWANGI))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PERALIHAN MATA PENCAHARIAN TERHADAP MOBILITAS SOSIAL (STUDI PADA MASYARAKAT LAMPON DUSUN RINGINSARI DESA PESANGGARAN KEC. PESANGGARAN KAB. BANYUWANGI))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Lampon merupakan salah satu laut potensial di Kabupaten Banyuwangi. Lampon terletak di Dusun Ringinsari, Desa Pesanggaran, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi. Masyarakat Lampon tinggal di daerah pesisir pantai dan mayoritas masyarakat Lampon bermata pencaharian sebagai nelayan. Pada tahun 2008, masyarakat Lampon mulai beralih mata pencaharian dari nelayan ke penambang emas ilegal, kondisi tersebut disebabkan karena tambang emas dianggap lebih menjanjikan keuntungan dibandingkan dangan pendapatan nelayan yang cenderung subsisten. Peralihan mata pencaharian dari nelayan ke penambang emas tesebut mendapatkan penentangan dari pemerintah dan kepolisian, namun masyarakat Lampon tetap memperjuangkan tambang emas milik mereka. Konflik tambang tersebut berlangsung selama satu tahun, pada akhirnya pada tahun 2009 kegiatan penambangan di Gunung Tumpang Pitu tidak lagi diganggu oleh pemerintah dan kepolisian. Kondisi peralihan mata pencaharian tersebut, menimbulkan dampak yang sangat besar pada perubahan sosial, ekonomi dan struktur masyarakat yang lebih dinamis dibandingkan dengan struktur nelayan. Berdasarkan latarbelakang masalah di atas, ada dua hal yang akan diangkat dalam penelitian ini, yaitu factor penyebab peralihan dan dampak peralihan mata pencaharian masyarakat terhadap mobilitas sosial masyarakat Lampon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab peralihan mata pencaharian masyarakat Lampon dari nelayan ke penambang emas ilegal dan dampaknya terhadap mobilitas sosial. Penelitian ini menggunakan teori tindakan rasional Weber dan teori mobilitas sosial Horton dan Hunt. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan pengumpulan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode induktif, meliputi proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan peralihan mata pencaharian masyarakat Lampon dari nelayan ke penambang emas ilegal adalah (1) keinginan untuk meningkatkan taraf hidup, kondisi nelayan yang cenderung subsisten dan hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari; (2) perbandingan pendapatan, hasil tambang yang lebih besar dibandingkan dengan nelayan (3) banyaknya hambatan sebagai nelayan yang meliputi ketebatasan sarana dan monopoli usaha perikanan dan (4) tidak jelasnya praktik hukum, tidak adanya dukungan pemerintah terhadap nelayan Lampon. Dampak dari peralihan mata pencaharian tersebut terhadap mobilitas sosial masyarakat Lampon adalah (1) terbentuknya struktur mata pencaharian baru, adanya pertambangan membentuk struktur baru di Lampon tanpa menghapus struktur nelayan; dan (2) mobilitas sosial yang lebih dinamis, masyarakat Lampon dapat melakukan mobilitas ekonomi lebih mudah di sektor tambang dan sektor usaha tidak lagi hanya dikuasai oleh juragan ikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Sulistyaningsih, S. Sos, M. Si,
Uncontrolled Keywords: Peralihan matapencaharian, Mobilitas, Nelayan, Penambang Emas.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Apr 2015 02:14
Last Modified: 08 Apr 2015 02:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15574

Actions (login required)

View Item View Item