PERAN PEMERINTAH DESA TERHADAP UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KOPERASI TUNAS CIPETUNG (STUDI DI DESA DUKUH JERUK KECAMATAN KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU)

ALI NAZMUDIN, NIM. 10720046 (2015) PERAN PEMERINTAH DESA TERHADAP UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KOPERASI TUNAS CIPETUNG (STUDI DI DESA DUKUH JERUK KECAMATAN KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEMERINTAH DESA TERHADAP UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KOPERASI TUNAS CIPETUNG (STUDI DI DESA DUKUH JERUK KECAMATAN KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEMERINTAH DESA TERHADAP UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KOPERASI TUNAS CIPETUNG (STUDI DI DESA DUKUH JERUK KECAMATAN KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (963kB)

Abstract

Pemerintah memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap masyarakat salah satunya dalam hal kesejahteraan. Tugas dan tanggung jawab tersebut tak terkecuali juga berlaku untuk pemerintah desa. Hal ini dikarenakan desa memiliki sifat otonom yang dipercaya untuk menyelenggerakan pemerintahan rumah tangganya. Upaya mewujudkan kesejahteraan dapat dilakukan dengan berbagai macam strategi salah satunya dengan melakukan pemberdayaan. Salah satu upaya pemberdayaan (ekonomi) masyarakat dapat dilakukan melalui koperasi. Di Desa Dukuh Jeruk Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu terdapat koperasi (simpan pinjam) yang dibentuk sebagai upaya memberdayakan perekonomian masyarakat. Adanya koperasi ini secara tidak langsung ikut membantu tugas pemerintah desa dalam hal pemberdayaan masyarakat. Oleh karenanya, pemerintah desa sudah semestinya ikut berperan terhadap koperasi dalam upaya memberdayakan masyarakat. Hal ini dikarenakan pemerintah desa memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mensejahterakan masyarakat. Atas dasar latar belakang ini maka penelitian ini berfokus pada bagaimana peran pemerintah desa terhadap upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Koperasi Tunas Cipetung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran-peran dari pemerintah desa terhadap upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui koperasi. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan dari Edi Suharto. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan beberapa gagasan lain tentang pemberdayaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam menentukan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemerintah desa ikut berperan dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Koperasi Tunas Cipetung. Namun seiring berjalannya waktu, pemerintah desa tidak lagi menunjukan perannya terhadap koperasi. Hal ini terjadi pasca pergantian pemerintahan. Selain itu, terdapat faktor lain yang menyebabkan hilangnya peran pemerintah desa terhadap koperasi. Faktor tersebut adalah adanya patologi (penyakit) yang muncul dalam birokrasi seperti kurangnya rasa tanggung jawab pemerintah dan juga adanya miskomunikasi antara pemerintah desa dan koperasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. Yayan Suryana, M. Ag
Uncontrolled Keywords: peran pemerintah desa, koperasi, pemberdayaan
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Apr 2015 03:52
Last Modified: 08 Apr 2015 03:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15578

Actions (login required)

View Item View Item