REPRESENTASI NILAI KEPAHLAWANAN TOKOH JALESWARI DALAM FILM BATAS “ANTARA KEINGINAN DAN KENYATAAN” (ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP TOKOH JALESWARI)

SITI KHOMSAH, NIM. 08210059 (2015) REPRESENTASI NILAI KEPAHLAWANAN TOKOH JALESWARI DALAM FILM BATAS “ANTARA KEINGINAN DAN KENYATAAN” (ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP TOKOH JALESWARI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REPRESENTASI NILAI KEPAHLAWANAN TOKOH JALESWARI DALAM FILM BATAS “ANTARA KEINGINAN DAN KENYATAAN” (ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP TOKOH JALESWARI))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (REPRESENTASI NILAI KEPAHLAWANAN TOKOH JALESWARI DALAM FILM BATAS “ANTARA KEINGINAN DAN KENYATAAN” (ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP TOKOH JALESWARI))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nilai-nilai kepahlawanan merupakan salah satu hal yang harus diteladeni, karena seiring perkembangan zaman tidak jarang orang menjadi individualistis. Untuk menyampaikan pesan mengenai nilai kepahlawanan dapat disampaikan melalui film karena film merupakan salah satu bentuk dari media massa, dan cerita dalam film biasanya berangakat dari fenomena yang terjadi disekitar kita, seperti film “BATAS (Antara Keinginan dan Kenyataan)” yang mengambil tema kepahlawanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam apakah tanda-tanda yang digunakan untuk mempresentasikan nilai-nilai kepahlawanan tokoh Jaleswari dalam film “BATAS (Antara Keinginan dan Kenyataan)” tersebut. Dengan mengetahui dan memahami tanda-tanda yang menunjukkan nilai-nilai kepahlawanan diharapkan kita dapat meneladani nilai-nilai tersebut. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotik. Data dalam penelitian ini didapat melalui scene-scene pada film “BATAS (Antara Keinginan dan Kenyataan)” yang didalamnya terdapat unsur-unsur yang berkaitan dengan penelitian ini, yakni nilai-nilai kepahlawanan yang terdiri dari keberanian, kesabaran, dan pengorbanan. Serta mencari data dari berbagai tulisan artikel, buku-buku internet dan lain sebagaianya. Melalu gabungan anatara scene-scene terpilih dan data-data tertulis, penulis melakukan analisis dangan menggunakan tanda-tanda yang terdapat dalam film “BATAS (Antara Keinginan dan Kenyataan)”. Dengan teori semiotik Roland Barthes. Analisis dilakukan melalu dua tahap, yaitu signifikasi tingkat pertama, yaitu makna denotasi yang terkandung dalam scene-scene tersebut dan dilanjutkan dengan signifikasi tingkat kedua yang menguraikan makna konotasinya. Dalam tahap inilah terkandung mitos. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai kepahlawanan ditunjukkan melalui simbolsimbol sosial ditampilkan melalui sikap dan aksi pada tokoh Jaleswari. Nilai-nilai tersebut antara lain keberanian, kesabaran dan pengorbanan. Film ini mampu menunjukkan pesan atau tanda-tanda yang menunjukkan nilai-nilai kepahlawanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khadiq A.Ag, M. Hum.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Apr 2015 14:06
Last Modified: 08 Apr 2015 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15584

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum