PESAN SOSIAL FOTO JURNALISTIK PADA SURAT KABAR HARIAN REPUBLIKA EDISI RAMADHAN 1435 H

SILVYA DINA SAPUTRI, NIM. 11210031 (2015) PESAN SOSIAL FOTO JURNALISTIK PADA SURAT KABAR HARIAN REPUBLIKA EDISI RAMADHAN 1435 H. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESAN SOSIAL FOTO JURNALISTIK PADA SURAT KABAR HARIAN REPUBLIKA EDISI RAMADHAN 1435 H)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text (PESAN SOSIAL FOTO JURNALISTIK PADA SURAT KABAR HARIAN REPUBLIKA EDISI RAMADHAN 1435 H)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)

Abstract

Silvya Dina Saputri. 11210031. Skripsi: “Pesan Sosial Foto Jurnalistik SKH Republika Edisi Ramadhan 1435 H”. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Konsentrasi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Pada awalnya surat kabar hanya berfungsi sebagai media penyampaian informasi, namun seiring perkembangan zaman fungsi surat kabar menjadi salah satu media untuk menggerakkan pembacanya dalam hal-hal tertentu terkait dengan informasi yang disajikan. Dalam hal ini untuk lebih memperhatikan kepedulian antar sesama umat sebagai bentuk meningkatkan amal saleh di bulan Ramadhan setelah membaca dan melihat foto jurnalistik yang terkait dengan hal pesan sosial kepada masyarakat. SKH Republika sebagai koran nasional memberikan banyak ruang terhadap pemuatan foto jurnalistik terkait dengan pesan sosial foto jurnalistik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara singkat, padat dan jelas mengenai pesan sosial yang ingin disampaikan SKH Republika melalui foto jurnalistik edisi Ramadhan 1435 H kepada para pembacanya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif interpretatif dengan menggunakan analisis semiotika model Roland Berthes. Ada lima karakteristik foto jurnalistik yang mampu menyampaikan pesan sosial, yakni foto jurnalistik memiliki obyek foto yang menarik. Foto tersebut mengangkat tema mengenai human interest atau people in the news. Obyek foto yang berupa tingkah laku atau kegiatan manusia di luar kebiasaan masyarakat pada umumnya mampu menarik empati. Selain itu penulisan caption mengandung 5W+1H dan menggunakan tipe shoot atau camera angle dengan menyesuaikan pesan yang ingin disampaikan. Kemudian pesan sosial yang disampaikan dari foto yang dianalisis adalah mengajak untuk lebih mempedulikan antar sesama sebagai salah satu wujud meningkatkan amal saleh di bulan Ramadhan dengan menunjukkan kebersamaan persatuan umat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Anisah Indriati, M.Si.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Apr 2015 10:10
Last Modified: 09 Apr 2015 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15613

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum