STEREOTIP TERORISME TERHADAP ISLAM DALAM FILM JAVA HEAT

MAWAR RAHAYUNING ASTUTI, NIM. 11210084 (2015) STEREOTIP TERORISME TERHADAP ISLAM DALAM FILM JAVA HEAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STEREOTIP TERORISME TERHADAP ISLAM DALAM FILM JAVA HEAT)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STEREOTIP TERORISME TERHADAP ISLAM DALAM FILM JAVA HEAT)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)

Abstract

Mawar Rahayuning Astuti. 11210084. Skripsi: “Stereotip Terorisme Terhadap Islam dalam Film Java Heat”. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Terorisme merupakan permasalahan yang kompleks. Kompleksitas tersebut dapat dilihat dari para upaya ahli yang menguraikan terorisme melalui berbagai macam definisi untuk mengidentifikasi tindakan, karakteristik maupun akar permasalahan. Di Indonesia kasus terorisme, seperti peledakan tempat-tempat ibadah, pusat perbelanjaan, pasar saham/bursa efek, bom Bali tahun silam, JW Marriot, terakhir bom Kuningan depan Kedubes Australia, ataupun luar negeri, seperti yang terakhir pengeboman WTC, Pentagon dan lain-lain. Dengan adanya relitas tersebut, para sineas mengemas dan membingkai realitas menjadi suatu karya seni yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas, mengingat salah satu fungsi Film adalah sebagai media pendidikan dan informasi. Penelitian ini meneliti Film Java Heat. penelitian ini membahas film yang bergenre action, yang mengandung unsur terorisme dalam ceritanya, peneliti akan membahas stereotip terorisme terhadap Islam dalam Film tersebut. Penelitian ini bertujuan menjelaskan stereotip terorisme terhadap Islam apa saja yang terkandung dalam film tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Peneliti menganalisis tanda yang muncul dalam gambar dan dialog yang menggunakan analisis semiotika model Charles Sander Pierce, serta mengklasifikasi dalam jenis tanda Pierce, yaitu ikon, indeks dan simbol. Hasil penelitian ini adalah terdapat tiga tanda stereotip terorisme, yaitu penggunaan kekerasan, kekuatan atau ancaman terdapat pada scene 18, 51, 43, 10, 41, kedua secara intens menyebabkan kekuatan atau teror dalam rangka mencapai tujuan terdapat pada scene 4, 30, 12, ketiga adanya efek dan reaksi psikologis terdapat pada scene 11, 13, 63 dan tindakan politik, tidak ditemukan dalam scene film Java Heat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. M. Kholili, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Mawar Rahayuning Astuti. 11210084. Skripsi: “Stereotip Terorisme Terhadap Islam dalam Film Java Heat”. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Terorisme merupakan permasalahan yang kompleks. Kompleksitas tersebut dapat dilihat dari para upaya ahli yang menguraikan terorisme melalui berbagai macam definisi untuk mengidentifikasi tindakan, karakteristik maupun akar permasalahan. Di Indonesia kasus terorisme, seperti peledakan tempat-tempat ibadah, pusat perbelanjaan, pasar saham/bursa efek, bom Bali tahun silam, JW Marriot, terakhir bom Kuningan depan Kedubes Australia, ataupun luar negeri, seperti yang terakhir pengeboman WTC, Pentagon dan lain-lain. Dengan adanya relitas tersebut, para sineas mengemas dan membingkai realitas menjadi suatu karya seni yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas, mengingat salah satu fungsi Film adalah sebagai media pendidikan dan informasi. Penelitian ini meneliti Film Java Heat. penelitian ini membahas film yang bergenre action, yang mengandung unsur terorisme dalam ceritanya, peneliti akan membahas stereotip terorisme terhadap Islam dalam Film tersebut. Penelitian ini bertujuan menjelaskan stereotip terorisme terhadap Islam apa saja yang terkandung dalam film tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Peneliti menganalisis tanda yang muncul dalam gambar dan dialog yang menggunakan analisis semiotika model Charles Sander Pierce, serta mengklasifikasi dalam jenis tanda Pierce, yaitu ikon, indeks dan simbol. Hasil penelitian ini adalah terdapat tiga tanda stereotip terorisme, yaitu penggunaan kekerasan, kekuatan atau ancaman terdapat pada scene 18, 51, 43, 10, 41, kedua secara intens menyebabkan kekuatan atau teror dalam rangka mencapai tujuan terdapat pada scene 4, 30, 12, ketiga adanya efek dan reaksi psikologis terdapat pada scene 11, 13, 63 dan tindakan politik, tidak ditemukan dalam scene film Java Heat.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Apr 2015 13:00
Last Modified: 09 Apr 2015 13:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15617

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum