PERAN KONSELOR KEROHANIAN DALAM MENANGANI PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK (P2TPA) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA

ERNAWATI, NIM. 10220001 (2015) PERAN KONSELOR KEROHANIAN DALAM MENANGANI PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK (P2TPA) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KONSELOR KEROHANIAN DALAM MENANGANI PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK (P2TPA) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN KONSELOR KEROHANIAN DALAM MENANGANI PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK (P2TPA) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)

Abstract

Ernawati. Peran Konselor Kerohanian dalam Menangani Perempuan Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) di Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TPA) “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta. Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) merupakan kekerasan berbasis gender yang jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, penulis memilih Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TPA) “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta sebagai tempat penelitian skripsi. Karena, lembaga ini bergerak dalam bidang pelayanan sosial bagi korban kekerasan dalam rumah tangga dan kekerasan terhadap anak. Di sini penulis mengkhususkan korban kekerasan dalam rumah tangga adalah perempuan (istri). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana peran konselor kerohanian dalam menangani perempuan korban KDRT di P2TPA “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya adalah konselor kerohanian, pengelola dan 3 (tiga) klien yang pernah ditangani oleh konselor kerohanian di P2TPA “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta. Obyek penelitiannya adalah peran yang dilakukan konselor kerohanian dalam menangani perempuan korban KDRT yang dialami perempuan (istri) oleh suaminya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggambarkan keadaan secara apa adanya sejauh penulis peroleh dari wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, peran konselor kerohanian dalam menangani perempuan korban kekerasan di P2TPA “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta yaitu: sebagai pendamping, sebagai mediator, dan sebagai motivator. Dalam menjalankan perannya konselor kerohanian menggunakan pendekatan keagamaan. Pendekatan keagamaan yang dilakukan oleh konselor kerohanian dalam proses konseling adalah memberikan penjelasan mengenai hak, kewajiban dan memberikan penguatan iman dan taqwa kepada korban. Pendekatan yang dilakukan yaitu : Memberikan pemahaman tentang makna sakinah, mawaddah, warahmah, dan barokah, tentang sistem keluarga, tentang hak-hak dan kewajibankewajiban sebagai suami dan istri, mendekatkan diri kepada Allah SWT, memberikan contoh realitas kehidupan rumah tangga Nabi Muhammad SAW, dan membantu memberikan pertimbangan-pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Casmini, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perempuan korban KDRT, peran konselor kerohanian.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Apr 2015 13:17
Last Modified: 09 Apr 2015 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15621

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum