METODE BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMP NEGERI 2 CILAMAYA WETAN KABUPATEN KARAWANG

WINDARTI, NIM. 10220056 (2015) METODE BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMP NEGERI 2 CILAMAYA WETAN KABUPATEN KARAWANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMP NEGERI 2 CILAMAYA WETAN KABUPATEN KARAWANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (METODE BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMP NEGERI 2 CILAMAYA WETAN KABUPATEN KARAWANG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (985kB)

Abstract

WINDARTI (10220056). Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 2014. Penelitian ini berjudul “Metode Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SMP Negeri 2 Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang”. Latar Belakang penelitian ini adalah seperti halnya orang dewasa, remajapun dapat mengalami perubahan dalam diri yang mempengaruhi cara berfikir, merasa dan bertindak. apabila remaja tidak dapat mengatasi perubahan tersebut dengan baik maka akan menyebabkan kegoncangan dalam diri yang akan mengakibatkan kenakalan-kenakalan yang akan merugikan diri sendiri maupun orang lain. Maka dari sini peran seorang guru bimbingan dan konseling sangatlah berpengaruh untuk menuntun, membimbing serta mengarahkannya pada jalan yang benar. Kenakalan siswa mengakibatkan kenakalan pada lingkungan sekolah baik seperti terlambat masuk kelas, menyontek, tawuran, merokok, membolos, keluar kelas, pacaran, mencorat-coret tembok, berpakaian dengan tidak sewajarnya anak sekolah, berkata kasar, menyakiti ataupun merendahkan orang lain serta menarik diri dari lingkungan di sekolah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja bentuk-bentuk kenakalan siswa serta bagaimana cara guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 2 Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan kegiatan penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian langkah-langkah untuk analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya bentuk-bentuk kenakalan siswa seperti membolos, mencoret-coret tembok, keluar kelas pada saat jam pelajaran berlangsung, dll. serta adanya 9 metode yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam upaya mengatasi kenakalan siswa yaitu Keteladanan, Kesepakatan, Perjanjian, Home Visit, Kegiatan Keagamaan, Denda, Pemberian Hukuman, Pemberian Perhatian dan Kasih Sayang dan Kerjasama dengan Orang Tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Abdullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Key Word : Metode Bimbingan dan Konseling, Kenakalan Siswa.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Apr 2015 06:26
Last Modified: 09 Apr 2015 06:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15626

Actions (login required)

View Item View Item