PEMBERDAYAAN ANAK TUNAGRAHITA MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN DI SEKOLAH LUAR BIASA WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL

SRI PUJI LESTARI, NIM. 11230022 (2015) PEMBERDAYAAN ANAK TUNAGRAHITA MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN DI SEKOLAH LUAR BIASA WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN ANAK TUNAGRAHITA MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN DI SEKOLAH LUAR BIASA WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN ANAK TUNAGRAHITA MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN DI SEKOLAH LUAR BIASA WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pemberdayaan Anak Tunagrahita melalui Pelatihan Keterampilan di Sekolah Luar Biasa Wukirsari Bantul. Penelitian ini tentang pemberdayaan anak tunagrahita di mana anak tunagrahita istilah lain disebut dengan Retardasi Mental, adalah seorang anak yang memiliki taraf kecerdasan yang rendah, sehingga untuk tugas meneliti perkembangannya sangat membutuhkan pelayanan pendidikan dan bimbingan secara khusus.Hal ini telah berhasil dilakukan Sekolah Luar Biasa Wukirsari untuk memberdayakan para anak tunagrahita melalui pelatihan keterampilan dasar, juga adanya pemberian pelatihan keterampilan mengancing baju anak tunagrahita sendiri, pembuatan mainan dari kertas, menebak nama-nama kendaraan dll. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan secara langsung terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dan berkaitan dengan rumusan masalah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah; (1) Bagaimana pemberdayaan anak tunagrahita melalui pelatihan keterampilan di Sekolah Luar Biasa Wukirsari Bantul ?, (2) Apa saja keterampilan-keterampilan yang diberikan oleh Sekolah Luar Biasa sesuai dengan kebutuhan anak tunagrahita kategori sedang ?, Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan metode deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian ini adalah yang pertama pemberdayaan anak tunagrahita yang dilakukan oleh Sekolah Luar Biasa Wukirsari Bantul adalah melalui pemberian pelatihan keterampilan dasar seperti mengancing baju sendiri, bernyanyi, bermain, menyebutkan nama-nama kendaraan, Dalam pelaksanaanya anak-anak tunagrahita mempunyai minat dan bakat serta kesadaran dalam mengikuti pelatihan keterampilan dan dengan adanya guru pendamping menyusun materi, Kedua hasil pemberian pelatihan keterampilan dasar di Sekolah Luar Biasa Wukirsari Bantul sangat membantu dalam meningkatkan kemandirian dan percaya diri karena dengan berbekal keterampilan anak tunagrahita mampu dalam kehidupan sosial anak tunagrahita memiliki rasa percaya diri dan mampu berinteraksi di masyarakat, mampu mandiri dan tidak tergantung pada orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suyanto, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pemberdayaan, Keterampilan, Anak Tunagrahita.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 13 Apr 2015 08:36
Last Modified: 13 Apr 2015 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15629

Actions (login required)

View Item View Item