PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK PENYANDANG CACAT GANDA DI PANTI ASUHAN YAYASAN SAYAP IBU KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

JUAINI MUHTAR, NIM. 11220051 (2015) PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK PENYANDANG CACAT GANDA DI PANTI ASUHAN YAYASAN SAYAP IBU KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK PENYANDANG CACAT GANDA DI PANTI ASUHAN YAYASAN SAYAP IBU KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK PENYANDANG CACAT GANDA DI PANTI ASUHAN YAYASAN SAYAP IBU KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)

Abstract

JUAINI MUHTAR. Pengembangan kreativitas anak penyandang cacat ganda di Panti Asuhan Yayasan Sayap Ibu, Kalasan, Sleman Yogyakarta. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Anak merupakan anugerah yang diberikan oleh Allah swt. untuk diasuh. Dengan memberikan kesempatan dan pengajaran yang sama kepada anak penyandang cacat ganda tanpa harus dipandang sebelah mata. Anak penyandang cacat ganda hendaknya memperoleh penanganan dan pengajaran yang tepat, sehingga dapat memperoleh pengetahuan dan pengembangan yang tepat sesuai dengan kemampuannya. Pengembangan kreativitas diharapkan dapat mengembangkan kreativitas anak penyandang cacat ganda sesuai dengan kemampuannya, sehingga anak dapat berkembang dengan optimal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan cara berfikir deduktif dan cara berfikir induktif. Dalam hal ini peneliti akan mengungkapkan tentang isi atau metode-metode pengembangan kreativitas anak penyandang cacat ganda. Dalam penelitian ini ada 11 metode yang digunakan dalam mengembangkan kreativitas anak penyandang cacat ganda yaitu: metode penciptaan produk (hasta karya), metode imajinasi, metode eksplorasi, metode ekperimen, metode proyek, metode musik, metode bahasa, metode demonstrasi, metode motivasi, metode bermain dan metode pelatihan. Tujuan dari perlunya metode pengembangan kreativitas untuk anak penyandang cacat ganda, dengan adanya metode yang digunakan mengoptimalkan usaha dalam membimbing dan mengembangkan kreativitas yang ada pada anak penyandang cacat ganda. Adapun metode yang paling dominan atau paling sering digunakan setiap harinya dalam proses pengembangan kreativitas anak penyandang cacat ganda adalah metode penciptaan produk (hasta karya). Metode ini selalu digunakan karena anak dapat menggunakan kemampuan kognitif yang membantu anak lebih kreatif dan dapat mengeksplorasikan daya khayalnya menjadi karya atau benda yang nyata. Metode yang paling sedikit digunakan pembimbing dalam mengembangkan kreativitas anak penyandang cacat ganda adalah metode eksperimen, karena metode tersebut belum mampu diterima dengan baik oleh anak panyandang cacat ganda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Slamet, S.Ag,.M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Anak penyandang cacat ganda, metode pengembangan kreativitas.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Apr 2015 08:56
Last Modified: 10 Apr 2015 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15634

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum