UPAYA SLB-E PRAYUWANA DALAM MENSOSIALISASIKAN ANAK TUNALARAS DI MASYARAKAT PATEHAN KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA

LISTIANA ETY KALPIKAWATI, NIM. 09230024 (2015) UPAYA SLB-E PRAYUWANA DALAM MENSOSIALISASIKAN ANAK TUNALARAS DI MASYARAKAT PATEHAN KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA SLB-E PRAYUWANA DALAM MENSOSIALISASIKAN ANAK TUNALARAS DI MASYARAKAT PATEHAN KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA SLB-E PRAYUWANA DALAM MENSOSIALISASIKAN ANAK TUNALARAS DI MASYARAKAT PATEHAN KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Individu tunalaras biasanya menunjukan perilaku menyimpang yang tidak sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku di sekitarnya. Tunalaras dapat disebabkan karena faktor internal dan faktor eksternal yaitu pengaruh dari interaksi dari lingkungan sekitar. Merekaterkadang berinteraksi dengan orang lain dengan cara yang tidak dapat diterimaoleh lingkungan. Semua itu terjadi dikarenakan keterampilan sosial yang dimilikianak tunalaras masih kurang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Karena ini mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa yang terjadi sekarang. Data ini diperoleh melalui interview, observasi, dokumentasi dengan melibatkan kepala sekolah, guru, warga sekitar, siswa, dan orangtua wali siswa. Proses sosialisasi yang dilalui oleh anak tunalaras yaitu melalui tahap persiapan, meniru, dan bertindak. Sebenarnya proses sosialisasi anak tunalaras tidak jauh berbeda dengan anak yang tidak mengalami hambatan emosional namun akibat dari keterbatasan yaitu hambatan emosional, anak tunalaras tidak mampu mengendalikan emosionalnya secara maksimal sehingga menghambat proses sosialisasinya.Dengan melalui berbagai macam kegiatan yang dilakukan di SLB-E Prayuwana Yogyakarta maka upaya yang ada sekarang dapat dioptimalkan lagi, tentunya dengan bantuan dari berbagai pihak.Upaya SLB-E Prayuwana Yogyakarta ini membuahkan hasil yang baik, diantaranya adalah kemampuan mengelola emosi yang lebih baik dari sebelumnya melalui berbagai aktivitas maupun kegiatan yang positif sehingga membuat anak lebih percaya diri, memiliki kemandirian, lebih diakui sebagai bagian dari masyarakat di lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Afif Rifai, MS
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Upaya SLB-E Prayuwana dalam Mensosialisasikan Anak Tunalaras
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Apr 2015 09:04
Last Modified: 10 Apr 2015 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15637

Actions (login required)

View Item View Item