PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI KECIL: STUDI TERHADAP MASYARAKAT DI SENTRA INDUSTRI KECIL DI DESA TUTUL KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER JAWA TIMUR

ISMAIL HUMAIDI, NIM. 10230006 (2015) PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI KECIL: STUDI TERHADAP MASYARAKAT DI SENTRA INDUSTRI KECIL DI DESA TUTUL KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI KECIL: STUDI TERHADAP MASYARAKAT DI SENTRA INDUSTRI KECIL DI DESA TUTUL KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER JAWA TIMUR)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI KECIL: STUDI TERHADAP MASYARAKAT DI SENTRA INDUSTRI KECIL DI DESA TUTUL KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER JAWA TIMUR)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (585kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Peningkatan Perekonomian Masyarakat Melalui Industri Kecil: Studi Terhadap Masyarakat Di Sentra Industri Kerajinan Tangan Di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember Jawa Timur. Penelitian ini tentang usaha peningkatan perekonomian masyarakat melalui industri kerajinan tangan yang berupa tasbih, gelang dan kalung yang terbuat dari bahan dasar kayu dan fiberglas. Dengan adanya industri kerajinan tangan ini pendapatan masyarakat meningkat dan kebutuhan sehari-hari mereka terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji manajemen pengelolaan industri kerajinan tangan di Desa Tutul, (2) Untuk mengetahui taraf perekonomian masyarakat sebelum dan sesudah menggeluti industri kerajinan tangan di Desa Tutul. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi secara terbuka. Teknik validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Manajemen pengelolaan di industri kerajinan tangan di Desa Tutul meliputi permodalan, bahan baku, produksi, dan pemasaran. Modal yang diperoleh pengusaha kerajinan tangan berasal dari berbagai macam sumber yaitu modal sendiri, modal pinjaman, dan modal dari pihak lain. Bahan baku yang digunakan dalam industri kerajinan tangan ini adalah kayu gaharu, kayu cendana dan fiberglas. Proses produksi dalam industri kerajinan tangan yang berupa tasbih, gelang dan kalung meliputi beberapa tahap diantaranya pemotongan kayu, pengeplongan atau pembuatan butiran tasbih, penghalusan, penjemuran, dan finishing. Pemasaran kerajinan tangan di Desa Tutul meliputi pasar lokal dan pasar internasional. Pasar lokal meliputi Surabaya, Bali, Jakarta, Palembang, Aceh, Makasar dan Yogyakarta. Sedangkan untuk pasar internasional meliputi Malaysia, Thailand, Cina, Turki, Arab Saudi, Afrika Selatan, Uzbekistan, Amerika Latin, dan Eropa. (2) Keberadaan industri kerajinan tangan di Desa Tutul maka mempunyai dampak positif terhadap masyarakat yaitu berkurangnya angka pengangguran, meningkatkan taraf perekonomian serta banyak masyarakat yang beralih profesi dari buruh tani menjadi karyawan di rumah produksi dikarenakan pendapatan yang diperoleh lebih besar daripada saat menjadi buruh tani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suyanto S.Sos. ,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peningkatan Perekonomian Masyarakat, Industri Kecil.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Apr 2015 09:07
Last Modified: 10 Apr 2015 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15638

Actions (login required)

View Item View Item