PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI KERAJINAN SAPU RAYUNG DI DUSUN KEPREKAN DESA BOJONG KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG

DODI KURNIAWAN, NIM. 10230023 (2015) PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI KERAJINAN SAPU RAYUNG DI DUSUN KEPREKAN DESA BOJONG KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI KERAJINAN SAPU RAYUNG DI DUSUN KEPREKAN DESA BOJONG KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI KERAJINAN SAPU RAYUNG DI DUSUN KEPREKAN DESA BOJONG KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Di negara Indonesia cukup banyak pengangguran dan orang yang hidup dalam kemiskinan karena ketidak sesuaian antara tingkat pertumbuhan penduduk dengan peluang pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah. Dalam penelitian berjudul “Peningkatan Perekonomian Masyarakat Melalui Industri Kerajinan Sapu Rayung di Dusun Keprekan Desa Bojong Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang”, bertujuan mendeskripsikan bagaimana manajemen pengelolaan industri kerajinan sapu rayung antara lain manajemen modal, manajemen bahan baku, manajemen produksi dan manajemen pemasaran serta mendeskripsikan tingkat perekonomian masyarakat pengrajinnya setelah adanya industri kerajinan sapu rayung. Penelitian ini bertujuan untuk mengangkat bentuk kemandirian masyarakat yang ada di sekitar kita dan bernilai tinggi sehingga diharapkan dapat di adopsi sebagai acuan metode peningkatan ekonomi dalam upaya memberantas kemiskinan, dari alasan tersebut maka perlu dilakukan peneltian. Melihat keberhasilan yang ada hingga saat ini dengan menjadi pengrajin sapu rayung masyarakat mampu meningkatkan perekonomian baik bagi pengrajin maupun warga masyarakat di Dusun Keprekan tanpa mengandalkan lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah. Dari keberhasilan usaha menjadi pengrajin sapu rayung, para pengrajin mulai mempunyai tanggung jawab sendiri untuk lebih mengembangkan usahanya demi kebutuhan hidup. Hal ini di dukung dengan adanya bahan baku yang ada serta skill yang dimiliki dan yang paling penting adalah memeperhatikan manajemen dalam pengelolaannya antara lain mengatur modal yang dimiliki baik modal sendiri maupun pinjam dari Bank, bahan baku yang harus disediakan dari luar daerah, produksi yang butuh skill dan pengetahuan dalam memasarkan baik dipasarkan sendiri maupun menggunakan jasa lainnya. Dari berbagai tanggung jawab yang telah diembannya, para pengrajin sapu rayung dapat meningkatkan perekonomiannya dengan terpenuhinya segala kebutuhan seperti sandang pangan serta papan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing Dr. Aziz Muslim. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pendapatan, Manajemen
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Apr 2015 09:09
Last Modified: 10 Apr 2015 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15639

Actions (login required)

View Item View Item