INDUSTRI KERUPUK SEBAGAI SARANA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI TERHADAP SENTRA INDUSTRI KERUPUK DI DUSUN GADING KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG)

FATMA RAHMAWATI, NIM. 10230032 (2015) INDUSTRI KERUPUK SEBAGAI SARANA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI TERHADAP SENTRA INDUSTRI KERUPUK DI DUSUN GADING KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INDUSTRI KERUPUK SEBAGAI SARANA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI TERHADAP SENTRA INDUSTRI KERUPUK DI DUSUN GADING KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] Text (INDUSTRI KERUPUK SEBAGAI SARANA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI TERHADAP SENTRA INDUSTRI KERUPUK DI DUSUN GADING KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (488kB)

Abstract

Fatma Rahmawati Industri Kerupuk Sebagai Sarana Peningkatan Perekonomian Masyarakat (Studi Terhadap Masyarakat Di Sentra Industri Kerupuk Di Dusun Gading Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang) Permasalahan besar yang menyangkut nasib dan masa depan bangsa Indonesia adalah ketika krisis moneter mengguncang bangsa kita pada pertengahan tahun 1997. Dalam kondisi ini Pemerintah telah mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai cara namun hasilnya masih belum maksimal. Hal inilah yang mendorong masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Masyarakat mencoba untuk melepaskan diri dari ketergantungan pemerintah maupun perusahaan swasta dalam memperoleh pekerjaan, maka muncullah usaha-usaha kecil atau yang sering kita sebut dengan industri kecil yang bertujuan untuk menopang perekonomian keluarga yang semakin memburuk. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji manajemen di industri kerupuk di Dusun Gading, (2) Untuk mengetahui peranan industri kerupuk dalam peningkatan pendapatan masyarakat di Dusun Gading. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi secara terbuka dengan 11 orang informan dan menggunakan teknik snow bolling (bola salju). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) manajemen industri kerupuk di Dusun Gading meliputi permodalan, bahan baku, produksi, pemasaran. Modal yang diperoleh pengusaha kerupuk berasal dari tabungan sendiri, meminjam di bank, meminjam pada keluarga, dan patungan antar anggota keluarga. (2) Peranan industri kerupuk sebagai sarana peningkatan perekonomian masyarakat diantaranya menciptakan lapangan pekerjaan, mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatan pendapatan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Aziz Muslim M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peningkatan Perekonomian Masyarakat, Industri Kerupuk.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Apr 2015 09:13
Last Modified: 10 Apr 2015 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15641

Actions (login required)

View Item View Item