PERAN PASAR SENTRAL SAYUR DALAM PENINGKATAN EKONOMI PETANI SAYUR DI DESA BAWANG, KECAMATAN BAWANG, KABUPATEN BATANG

AHMAD FAIZIN, NIM. 10230033 (2015) PERAN PASAR SENTRAL SAYUR DALAM PENINGKATAN EKONOMI PETANI SAYUR DI DESA BAWANG, KECAMATAN BAWANG, KABUPATEN BATANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PASAR SENTRAL SAYUR DALAM PENINGKATAN EKONOMI PETANI SAYUR DI DESA BAWANG, KECAMATAN BAWANG, KABUPATEN BATANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44MB) | Preview
[img] Text (PERAN PASAR SENTRAL SAYUR DALAM PENINGKATAN EKONOMI PETANI SAYUR DI DESA BAWANG, KECAMATAN BAWANG, KABUPATEN BATANG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Ahmad Faizin, 10230033. Peran Pasar Sentral Sayur Dalam Peningkatan Ekonomi Petani Sayur Di Desa Bawang Kecamatan Bawang Kabupaten Batang . Pembimbing Dr. Pajar Hatma Indra jaya, M.Si Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2015. 39 penduduk indonesia adalah berprofesi sebagai petani. Kecamatan Bawang Kabupaten Batang sebagai daerah berpotensi pertaninian yaitu sektor sayuran. Di Kecamatan Bawang perlu adanya solusi peningkatan ekonomi bagi petani sayur. Pasar sentral sayur merupakan upaya peningkatan ekonomi petani sayur desa Bawang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tentang Peran dan dampak peningkatan ekonomi oleh pasar sentral sayur terhadap petani sayur di Kecamatan Bawang. Bagaiamana peran yang dilakukan serta program-program oelh pasar sentral sayur. Bagaimana dampak setelah adanya upaya peningkatan ekonomi yoleh pasar sentral sayur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitattif yang berbentuk deskriptif. Data primer dari penelitian ini bersumber dari hasil wawancara, observasi dan hasil dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan sektor perekonomian petani sayur terutama di wilayah Kecamatan Bawang. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan pendapatan dari penjualan sayuran sehingga secaa otomatis tingkat ekonomi mereka meningkat. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) peran pasar sentaral sayur desa Bawang meliputi peran fasilitator yaitu penyediaan saran dan prasarana dan penarikan retribusi , peran komunikator meliputi pemberian informasi kepada petani dan pedagang, dan mediator meliputi sebagai fungsi kekuatan ketiga yang menjebatangi pembeli dan penjual.(2) Peningkatan ekonomi oleh pasar sentral sayur berdampak baik dengan sebelum dan sesudah adanya pasar sentral sayur dalam peningkatan ekonomi petani sayur baik itu sebagai pemilik pedagang, pengepul, maupun masyarakat sekitar. Adanya pasar sentral sayur di desa bawang membukakan peluang kesempatan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di Kecamatan Bawang yang berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat menjadi meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: DR. Pajar Hatma Indra Jaya ,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Peran Pasar sentral sayur, Peningkatan Perekonomian.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Apr 2015 02:15
Last Modified: 10 Apr 2015 02:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15642

Actions (login required)

View Item View Item