PERAN POKDARWIS DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELESTARIAN KEBUDAYAAN JAWA: STUDI DI DESA WISATA KEBONAGUNG, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA

LUSIANA NUR UTAMI, NIM. 11230017 (2015) PERAN POKDARWIS DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELESTARIAN KEBUDAYAAN JAWA: STUDI DI DESA WISATA KEBONAGUNG, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN POKDARWIS DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELESTARIAN KEBUDAYAAN JAWA: STUDI DI DESA WISATA KEBONAGUNG, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN POKDARWIS DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELESTARIAN KEBUDAYAAN JAWA: STUDI DI DESA WISATA KEBONAGUNG, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pariwisata yang ada di Yogyakarta sejumlah 65 desa wisata, sedangkan di Kabupaten Bantul ada 35 desa wisata dan salah satunya adalah Desa Wisata Kebonagung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: peran yang dilakukan Pokdarwis dalam memberdayakan dan mengorganisasikan masyarakat di Desa Wisata Kebonagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh melalui metode wawancara kepada pemerintah, pengelola desa wisata (Pokdarwis), masyarakat, dan pengunjung. Lokasi penelitian berada di Desa Wisata Kebonagung, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis kebenarannya dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Pokdarwis sangat penting dalam melakukan kegiatan desa wisata dan pengembangan desa wisata, karena Pokdarwis mempunyai empat peran yaitu: a) sebagai motivator, b) sebagai komunikator, c) sebagai fasilitator, dan d) sebagai broker. Peran sebagai motivator yaitu Pokdarwis bertugas menyadarkan warga Kebonagung untuk melaksanakan butir-butir sapta pesona yang ada. Sebagai komunikator Pokdarwis bertugas menyampaikan informasi-informasi terkait pengembangan Desa Wisata Kebonagung melalui sosialisasi, pertemuan rutin, pertemuan mendadak terhadap anggota Pokdarwis, masyarakat maupun pemerintah. Pokdarwis sebagai fasilitator yaitu Pokdarwis bertugas memfasilitasi masyarakat dengan mengadakan pelatihan-pelatihan, seperti pelatihan BahasaInggris, pelatihan kepariwisataan dan kewirausahaan, pelatihan kuliner, serta pelatihan homesatay dan table mener. Peran Pokdarwis sebagai broker yaitu Pokdarwis menghubungkan masyarakat dengan pemerintah terkait dengan pembangunan dan peningkatan kualitas antara lain yaitu penghijaun, pengadaan alat kesenian tradisional jatilan, perbaikan jalan di dusun, keterlibatan masyarakat dalam mempersiapkan kegiatan wisata seperti menyiapkan tempat, menyiapkan kegiatan, menyiapkan kuliner, dan Pokdarwis sebagai broker memasarkan dan mempromosikan paket wisata yang ada di Desa Wisata Kebonagung yang bekerja sama dengan pihak-pihak pemerintah, travel, LSM, perguruan tinggi dan masyarakat dalam mencari tamu kunjungan yang akan datang berkunjung ke Desa Wisata Kebonagung. Peran Pokdarwis ini menggunakan teori Jim Ife sebagai pekerja masyarakat. Pengembangan Desa Wisata Kebonagung ini memiliki dampak ekonomi dan dampak pengembangan sumberdaya manusia. Dampak ekonomi yaitu dengan adanya Desa Wisata Kebonagung ini membantu masyarakat sebagai tambahan ekonomi masyarakat Kebongung. Sedangkan pengembangan SDM, masyarakat sudah sadar untuk berwisata dan mau ikut berpartisipasi dalam kegiatan desa wisata dan pengembangan desa wisata. Untuk meningkatkan kualitas dan skill masyarakat telah dilakukan pelatihan-pelatihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Pokdarwis, Desa Wisata, Dampak Pemberdayaan.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Apr 2015 02:17
Last Modified: 10 Apr 2015 02:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15643

Actions (login required)

View Item View Item