CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. BANK MANDIRI (STUDI IMPLEMENTASI PROGRAM MANDIRI BERSAMA MANDIRI DI MRICAN, KELURAHAN GIWANGAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA)

NOVIA MARWAH, NIM. 11230018 (2015) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. BANK MANDIRI (STUDI IMPLEMENTASI PROGRAM MANDIRI BERSAMA MANDIRI DI MRICAN, KELURAHAN GIWANGAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. BANK MANDIRI (STUDI IMPLEMENTASI PROGRAM MANDIRI BERSAMA MANDIRI DI MRICAN, KELURAHAN GIWANGAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. BANK MANDIRI (STUDI IMPLEMENTASI PROGRAM MANDIRI BERSAMA MANDIRI DI MRICAN, KELURAHAN GIWANGAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Novia Marwah, Corporate social Responsibility PT. Bank Mandiri, Studi Implementasi Program Mandiri Bersama Mandiri di Mrican, Kelurahan Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan merupakan bagian penting dalam sebuah perusahaan, karena di negara Indonesia ada Undang-undang yang mengatur tentang kewajiban pelaksanaan CSR oleh perusahaan. Selain untuk mematuhi Undang-undang, CSR dilakukan juga karena kesadaran perusahaan dalam membantu negara mengentaskan kemiskinan. Bank Mandiri mempunyai program CSR dengan pemberdayaan, yaitu Mandiri Bersama Mandiri (MBM). Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan konsep, mlementasi dan hasil dari program MBM yang dilakukan oleh Bank Mandiri di Mrican, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu pengamatan suatu obyek dan menginterpretasikannya dalam uraian kata-kata. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah dengan model Miles dan Huberman, yaitu dengan mengumpulkan data, menyajikan data dalam teks naratif, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep CSR MBM secara garis besar adalah membangun kemandirian masyarakat melalui pemanfaatan potensi lokal masyarakat. Implementasi CSR yang dilaksanakan oleh Bank Mandiri melalui program pengembangan pertanian perkotaan, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dan pengembangan fasilotas publik di Mrican mempunyai manfaat atau hasil untuk pemberdayaan masyarakat Mrican. Hasil tersebut berupa hasil fisik dan non-fisik. Hasil fisik berupa terciptanya lingkungan bersih dan asri di Mrican, terwujudnya balai pertemuan warga, bertambahnya perlengkapan memasak Ibu-ibu PKK, menghemat pengeluaran belanja, dan terciptanya peningkatan perekonomian masyarakat. Hasil non-fisik berupa terbentuknya kesadaran masyarakat, bertambahnya pengetahuan masyarakat, terbentuknya ibuibu terampil, terciptanya kemandirian masyarakat, dan bertambahnya jaringan bisnis bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing Dr. Aziz Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, konsep, pemberdayaan, hasil.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Apr 2015 02:19
Last Modified: 10 Apr 2015 02:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15644

Actions (login required)

View Item View Item