PERANAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO DAN KECIL MENENGAH (Studi Kasus Baitul Maal Wat Tamwil Amanah Ummah Surabaya)

HARDIANTO RITONGA, NIM. 1120310054 (2015) PERANAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO DAN KECIL MENENGAH (Studi Kasus Baitul Maal Wat Tamwil Amanah Ummah Surabaya). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERANAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO DAN KECIL MENENGAH (Studi Kasus Baitul Maal Wat Tamwil Amanah Ummah Surabaya))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (729kB) | Preview
[img] Text (PERANAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO DAN KECIL MENENGAH (Studi Kasus Baitul Maal Wat Tamwil Amanah Ummah Surabaya))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Struktur masyarakt Indonesia yang didominasi oleh komunitas yang berpendidikan rendah dan modal cekak, membuat pilihan untuk melakukan kegiatan ekonomi tidaklah banyak. Bagi mereka yang telah memasuki usia kerja, dengan tanpa adanya kedua modal tersebut, salah satu jenis pekerjaan yang mungkin dilakukan adalah dengan bekerja atau membuka lapangan kerja di sector usaha kecil dan kecil menengah (UMKM). Sector ini disamping tidak memerlukan modal yang banyak (karens intesitas teknologi yang digunakan relative rendah), juga kurang mensyaratkan tingkat keterampilan tenaga kerja yang tinggi. Tanpa disadari, pilihan kegiatan ekonomi ini sekarang telah menggurita dan menjadi salah satu penyerap tenaga kerja di Indonesia yang sangat besar. Peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) tersebut dalam kenyataannya terkendala oleh beberapa hal, diantaranya adalah permasalahan modal. Disinilah Baitul Maal Wat Tamwil dengan pembiayaan berprinsip bagi hasil diharapkan menjadi solusi yangideal bagi pemberdayaan usaha mikro, pemberdayaan berarti memberikan kewenangan dan kapasitas untuk mengembangkan dirinya untuk lebih berdaya. Adapun rumusan masalah dalam penulisan Tesis ini menggunakan dua rumusan masalah ialah 1. Bagaimana peran Baitul Maal Wat Tamwil dalam proses pemberdayaan usaha mikro, kecil menengah, 2. Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat program Pemberdayaan usaha Mikro, kecil menengah di Kabupaten Kota Surabaya. Metode penelitianyang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yaitu hasil yang diperoleh dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran secara menyeluruh dan sistematis peran BMT tentang pemberdayaan usaha mikro, yang kemudian dianalisa sehingga dapat diambil kesimpulan secara umum. Penulisan ini didasarkan atas hasil wawancara dengan pengurus BMT Amanah Ummah Surabaya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan BMT memang sangat strtegis, demi terangkatnya ekonomi rakyat kecil, dalam hal ini peran BMT dalam pemberdayaan usaha mikro berposisi sebagai penyandang dana atau modal yang kemudian disalurkan kepada anggota BMT-AU yang masih membutuhkan dana sebagai modal usaha. Dalam hal ini BMT-AU juga tidak terlepas dari beberapa kendala yang bersifat internal maupun eksternl.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: BMT, Permberdayaan Usaha Mikro
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Apr 2015 08:01
Last Modified: 13 Apr 2015 08:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15648

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum