LAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM MENGURANGI KECEMASAN MENGHADAPI MASA DEPAN PADA SISWA SMK N 1 BANTUL YOGYAKARTA

SRI RAHAYU, NIM. 12220060 (2016) LAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM MENGURANGI KECEMASAN MENGHADAPI MASA DEPAN PADA SISWA SMK N 1 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM MENGURANGI KECEMASAN MENGHADAPI MASA DEPAN PADA SISWA SMK N 1 BANTUL YOGYAKARTA)
12220060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM MENGURANGI KECEMASAN MENGHADAPI MASA DEPAN PADA SISWA SMK N 1 BANTUL YOGYAKARTA)
12220060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (658kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah arus globalisasi yang memiliki pengaruh yang kompleks. Siswa yang tidak dapat memahami potensi yang dimiliki, diduga tidak dapat menentukan berbagai macam pilihan karir, dan akhirnya akan mengalami masalah berupa kecemasan menghadapi masa depan. Siswa SMK N 1 Bantul khususnya akan dihadapkan pada berbagai macam kemungkinan pilihan hidup seperti, pilihan melanjutkan study di perguruan tinggi atau pilihan bekerja, dan pilihan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya, yang semua ini menuntut kemandirian untuk menentukannya tanpa mengalami kecemasan dalam menentukannya. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian ini untuk mengantar siswa menuju gerbang masa depan yang diinginkan tanpa mengalami kecemasan. Penelitian ini berupaya untuk menjawab permasalahan penelitian tentang bentuk layanan bimbingan karir dalam mengurangi kecemasan mengahadapi masa depan pada siswa SMK N 1 Bantul, serta faktor pendukung dan penghambat layanan bimbingan karir untuk mengurangi kecemasan menghadapi karir masa depan pada siswa SMK N 1 Bantul. Subyek dalam penelitian ini yakni guru BK yang membimbing kelas XII PM, yaitu 2 guru BK, dan Koordinator BK, 3 alumni serta 4 siswa sebagai sumber data lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk layanan bimbingan karir dalam mengurangi kecemasan mengahadapi masa depan pada siswa SMK N 1 Bantul yaitu meliputi: Career day, home room, penyaluran kerja melalui bursa kerja khusus, latihan kerja, konseling karir. Adapun faktor pendukungnya adalah kesadaran siswa untuk mengikuti layanan karir, pelayanan, dukungan semua pihak luar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah buruknya koneksi jaringan, pemikiran siswa yang masih idealis, kurang sadar pentingnya syarat-syarat pendaftaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Karir, Kecemasan Menghadapi Masa Depan
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Apr 2016 09:58
Last Modified: 28 Apr 2016 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15650

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum