PEMBERDAYAAN PENGUSAHA KECIL KORBAN GEMPA BUMI YOGYAKARTA TAHUN 2006 MELALUI KREDIT MIKRO BERBASIS KELOMPOK PEREMPUAN: STUDI DI KOPERASI SYARIAH GEMI DI DUSUN MIRI, DESA TIMBULHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL

BENI HANIFAH PINESTI, NIM. 11230029 (2015) PEMBERDAYAAN PENGUSAHA KECIL KORBAN GEMPA BUMI YOGYAKARTA TAHUN 2006 MELALUI KREDIT MIKRO BERBASIS KELOMPOK PEREMPUAN: STUDI DI KOPERASI SYARIAH GEMI DI DUSUN MIRI, DESA TIMBULHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN PENGUSAHA KECIL KORBAN GEMPA BUMI YOGYAKARTA TAHUN 2006 MELALUI KREDIT MIKRO BERBASIS KELOMPOK PEREMPUAN: STUDI DI KOPERASI SYARIAH GEMI DI DUSUN MIRI, DESA TIMBULHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN PENGUSAHA KECIL KORBAN GEMPA BUMI YOGYAKARTA TAHUN 2006 MELALUI KREDIT MIKRO BERBASIS KELOMPOK PEREMPUAN: STUDI DI KOPERASI SYARIAH GEMI DI DUSUN MIRI, DESA TIMBULHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang Pemberdayaan Pengusaha Kecil Korban Gempa Bumi Yogyakarta Tahun 2006 Melalui Kredit Mikro Berbasis Kelompok Perempuan ini adalah program pemberdayaan yang dilakukan Koperasi Syariah GEMI kepada para pengusaha kecil korban gempa bumi Yogyakarta tahun 2006. Koperasi Syariah GEMI lebih banyak memberdayakan perempuan sebab fokus koperasi ini adalah kaum perempuan yang memiliki usaha kecil untuk dikembangkan. Tujuan Koperasi Syariah GEMI adalah membantu memulihkan serta meningkatkan perekonomian pengusaha kecil yang sempat terhenti akibat gempa bumi yang melanda Yogyakarta. Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis pemberdayaan yang ada di Koperasi Syariah GEMI melalui simpan pinjam serta tantangan yang dihadapi Koperasi Syariah GEMI dalam melakukan pemberdayaan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keberhasilan pemberdayaan yang dilakukan Koperasi Syariah GEMI. Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan, pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif. Informan dari penelitian ini adalah Ibu Suniyah Selaku Manager Koperasi Syariah GEMI, Ibu sudartini selaku Koordinator Area, Bapak Singgih selaku Koordinator Marketing, serta enam anggota rembug minggon. Objek penelitian adalah Pemberdayaan Pengusaha Kecil Korban Gempa Bumi Yogyakarta Tahun 2006 Melalui Kredit Mikro Berbasis Kelompok Perempuan. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini, yakni bagaimana pemberdayaan yang dilakukan Koperasi Syariah GEMI, tantangan apa saja yang dihadapi Koperasi Syariah GEMI, serta keberhasilan pemberdayaan yang dilakukan Koperasi Syariah GEMI. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pemberdayaan ekonomi pengusaha kecil yang dilakukan Koperasi Syariah GEMI pasca bencana gempa bumi Yogyakarta 2006, mendeskripsikan apa saja tantangan yang dihadapi Koperasi Syariah GEMI dalam pemberdayaan ekonomi pengusaha kecil melalui simpan pinjam di Koperasi Syariah GEMI, serta mendeskripsikan keberhasilan pemberdayaan ekonomi pengusaha kecil pasca bencana gempa yang dilakukan oleh Koperasi Syariah GEMI. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah pemberdayaan yang dilakukan Koperasi Syariah GEMI menggunakan lima langkah yaitu permodalan, pelatihan usaha, pendampingan, pemasaran, serta penguatan lembaga. Tantangan koperasi berasal dari minimnya tenaga pelatih di Koperasi Syariah GEMI. Sedangakan keberhasilan diperoleh dengan melihat 3 aspek yaitu aspek kelembagaan, aspek permodalan, dan aspek pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Suyanto, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemberdayaan Pengusaha Kecil, Koperasi Syariah GEMI.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 13 Apr 2015 01:40
Last Modified: 13 Apr 2015 01:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15655

Actions (login required)

View Item View Item