REHABILITASI SOSIAL TERHADAP NARAPIDANA PENCURIAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A YOGYAKARTA DENGAN SISTEM PEMASYARAKATAN

MAILIL MAULIDAH, NIM. 10250047 (2015) REHABILITASI SOSIAL TERHADAP NARAPIDANA PENCURIAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A YOGYAKARTA DENGAN SISTEM PEMASYARAKATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REHABILITASI SOSIAL TERHADAP NARAPIDANA PENCURIAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A YOGYAKARTA DENGAN SISTEM PEMASYARAKATAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (REHABILITASI SOSIAL TERHADAP NARAPIDANA PENCURIAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A YOGYAKARTA DENGAN SISTEM PEMASYARAKATAN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Mailil Maulidah, Rehabilitasi Sosial Terhadap Narapidana Pencurian di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Yogyakarta Dengan Sistem Pemasyarakatan. Skripsi: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses rehabilitasi sosial narapidana pencurian di Lembaga pemasyarakatan Klas IIA Yogyakarta dengan sistem pemasyarakatan.Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Penelitian ini menggunakan field research atau penelitian lapangan dengan deskriptif kualitatif dengan mengambil obyek penelitian proses rehabilitasi sosial yang dilakukan oleh lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Yogyakarta dalam menangani Narapidana Pencurian melalui sistem pemasyarakatan. Subyek yang digunakan adalah orang-orang yang ikut dalam proses rehabilitasi sosial seperti para pegawai pemasyarakatan, Narapidana, serta staf administrasi. Kemudian untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisisnya dengan menggunakan metode deskriptif yang dilakukan dengan cara mengumpulkan semua informasi, mereduksi dan kemudian menyajikan hasil dengan teknik berfikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses rehabilitasi sosial yang dilakukan oleh lembaga pemasyarakatan Klas IIA Yogyakarta dalam menangani narapidana pencurian dengan sistem pemasyarakatan melalui beberapa tahapan, yaitu: (1) tahap pembinaan awal, tahap ini dimulai dari narapidana 0-1/3 masa pidana ( maksimal security) kegiatan yang pertama diikuti yaitu mapenaling, (2) tahap pembinaan lanjut, pembinaan pada tahap ini meliputi 2 tahap. Tahap lanjut pertama sejak berakhirnya pembinaan tahap awal sampai 1/2 masa pidana (medium security) dan tahap lanjut kedua, sejak berakhirnya pembinaan tahap lanjut pertama sampai dengan 2/3 masa pidana. Kegiatan yang diadakan dalam pembinaan tahap lanjut adalah pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian. (3) tahap pembinaan akhir, Pada tahap ini dimulai sejak berakhirnya tahap lanjut sampai berakhirnya masa pidana / bebas. Pada pembinaan akhir ini lebih kekegiatan reintegrasi. Dalam proses rehabilitasi sosial tidak terlepas dari kerjasama baik petugas pemasyarakatan, Narapidana, keluarga, masyarakat dan instansi- instansi lainnya. Hambatan yang dialami dari proses rehabilitasi sosial yaitu kurangnya partisipasi Narapidana dalam mengikuti kegiatan rehabilitasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: LATHIFUL KHULUQ, MA, PH.D
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Rehabilitasi sosial, narapidana, Lapas Klas IIA Yogyakarta, Sistem Pemasyarakatan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 13 Apr 2015 02:20
Last Modified: 13 Apr 2015 02:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15672

Actions (login required)

View Item View Item