FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PELANGGARAN ATURAN LEMBAGA PERMASYARAKATAN KLAS II A YOGYAKARTA (STUDI KASUS ATAS WARGA BINAAN YANG PERNAH MENERIMA HUKUMAN DISIPLIN TINGKAT BERAT)

SATRIA BAYU AJI ABDUR R., NIM. 10250048 (2015) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PELANGGARAN ATURAN LEMBAGA PERMASYARAKATAN KLAS II A YOGYAKARTA (STUDI KASUS ATAS WARGA BINAAN YANG PERNAH MENERIMA HUKUMAN DISIPLIN TINGKAT BERAT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PELANGGARAN ATURAN LEMBAGA PERMASYARAKATAN KLAS II A YOGYAKARTA (STUDI KASUS ATAS WARGA BINAAN YANG PERNAH MENERIMA HUKUMAN DISIPLIN TINGKAT BERAT))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PELANGGARAN ATURAN LEMBAGA PERMASYARAKATAN KLAS II A YOGYAKARTA (STUDI KASUS ATAS WARGA BINAAN YANG PERNAH MENERIMA HUKUMAN DISIPLIN TINGKAT BERAT))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (893kB)

Abstract

Satria Bayu Aji AR, 10250048, penelitian ini berjudul Faktor-Faktor penyebab Pelanggaran Aturan Lembaga Permasyarakatan Klas IIA Yogyakarta (Studi Kasus Atas Warga Binaan Yang Pernah Menerima Hukuman Disiplin Tingkat Berat) Kejahatan merupakan salah satu masalah sosial yang merisaukan seluruh masyarakat. Salah satu cara menanggulangi kejahatan yaitu dengan adanya penghukuman (Punishment). Hukuman yang diberikan kepada pelaku kejahatan bersifat secara sosiologis. Pemidanaan di sini merupakan usaha pembinaan (termasuk pendidikan dan lain-lain), yang bertujuan agar mereka dapat kembali sebagai warga masyarakat yang wajar dan baik. Pada kenyataannya terdapat warga binaan yang masih saja tidak sadar akan kesalahannya sehingga mengulangi kesalahannya dengan melanggar peraturan di dalam lapas. Jika warga binaan melanggar aturan, maka ada hukuman disiplin sesuai dengan pelanggaran yang telah dilakukan. Berdasarkan Peraturan Menteri no 6 Tahun 2013 terdapat 17 kategori pelanggaran disiplin tingkat berat dan 2 jenis hukuman yaitu kurungan (isolasi) dan pencabutan hak-hak warga binaan. Di dalam Lembaga Permasyarakatan Klas IIA Yogyakarta, pelanggaran peraturan juga terjadi. Oleh karena itu penulis perlu menggambarkan bagaimana warga binaan melakukan pelanggaran aturan dan apa saja faktor yang menyebabkan warga binaan melanggar peraturan di dalam Lembaga Permasyarkatan Klas IIA Yogyakarta. Untuk menggambarkan hal tersebut, maka dari itu, penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif, dan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam memilih subjek penelitian penulis menggunakan teknik Snowball sampling dan Purposive Sampling. Dari teknik tersebut didapat narasumber tiga warga binaan, tiga Wali/peksos, dan satu petugas lapas. Hasil dari penelitian ini yaitu pelanggaran-pelanggaran disiplin tingkat berat yang dilakukan warga binaan seperti: membawa hp ke dalam sel, berkelahi sesama warga binaan dan membohongi atau menghalangi petugas saat menjalankan tugasnya. Ketiganya mendapatkan hukuman tidak boleh dikunjungi keluarga dan masa isolasi dengan waktu yang berbeda-beda. Warga binaan melanggar peraturan disiplin tingkat berat disebakan karena dua faktor yaitu faktor internal dan faktor external. Faktor internal yang menyebabkan warga binaan melanggar peraturan yaitu emosional, faktor anomie, kurangnya hiburan, dan faktor kedudukan individu dalam masyarakat. Sedangkan faktor externalnya yaitu faktor lingkungan dan ekonomi. Jadi, jika ditarik kesimpulannya faktor yang dominan dari ketiga warga binaan melanggar aturan disiplin tingkat berat adalah faktor internal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Abidah Muflihati, S. Th. I, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Faktor Penyebab Pelanggaran Peraturan, Disiplin Tingkat Berat dan Lembaga Permasyarakatan Klas IIA Yogyakarta
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 13 Apr 2015 02:21
Last Modified: 13 Apr 2015 02:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15673

Actions (login required)

View Item View Item