EFEKTIVITAS POLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK BERMAIN GRIYA NANDA DWP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

FITRIANI, NIM. 1320431014 (2015) EFEKTIVITAS POLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK BERMAIN GRIYA NANDA DWP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS POLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK BERMAIN GRIYA NANDA DWP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS POLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK BERMAIN GRIYA NANDA DWP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan mengetahui efektivitas pola pembelajaran anak usia dini yang dilakukan di Kelompok Bermain Griya Nanda DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan studi kasus, menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian adalah komponen-komponen yang terlibat dalam kegiatan proses pembelajaran yang meliputi pendidik, anak didik dan orang tua anak didik. Data diperoleh melalui: pengamatan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles & Huberman yang dilakukan melalui empat kegiatan utama, yakni: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabasahan data yang diperoleh, dilakukan dengan kredibilitas melalui pemeriksaan ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembelajaran anak usia dini di Kelompok Bermain Griya Nanda DWP UIN Sunan Kaligaja Yogyakarta menggunakan model sentra yaitu sentra balok, persiapan, seni/peran, bahan alam, dan sentra imtaq. Pembelajaran diawali saat kehadiran anak di sekolah dengan memberikan sambutan yang penuh keakraban. Kegiatan pembukaan (Ice Breaking) dilakukan dengan melakukan gerakan senam ringan, berdo’a sebelum belajar, mengucapkan syahadat, hafalan asma’ul husna, mengucapkan ikrar Griya Nanda. Kegiatan inti diisi dengan aneka kegiatan bermain yang dipersiapkan guru yang bertujuan untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak. Waktu istirahat diisi dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk bermain. Kegiatan praktek sholat bertujuan untuk menanamkan sikap untuk melakukan ibadah dengan baik. Proses pelayanan pembelajaran anak usia dini diakhiri dengan kegiatan penutup dengan menegaskan kembali kegiatan yang telah dilakukan pada hari itu. Pola pembelajaran yang diterapkan di Kelompok Bermain Griya Nanda efektif dalam melayani perkembangan anak, karena sudah sesuai dengan pembelajaran tepat, yaitu: anak difasilitasi untuk melakukan hal beragam sesuai minat dan kebutuhannya dan tenaga pendidik berperan sebagai fasilitator. Dalam proses pembelajarannya anak bergerak dengan aktif, melakukan eksplorasi, memunculkan inisiatif, menemukan problem solving, berkomunikasi aktif. Tenaga pendidik menjalin hubungan yang akrab, hangat dan saling menghargai dengan anak didiknya. Kegiatan belajar untuk merangsang aspek-aspek perkembangan anak dilakukan secara terintegrasi. Bermain adalah strategi utama bagi pembelajaran anak di KB Griya Nanda. Efektivitas dari pola pembelajaran yang diberikan tersebut tampak menunjukkan perubahan yang makin baik pada perilaku dan aspek-aspek perkembangan anak. Kata kunci : Efektivitas, Pendidikan anak usia dini, Pola Pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PEMBIMBING: DR. Hj. Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendidikan anak usia dini, Pola Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Apr 2015 08:00
Last Modified: 31 Oct 2017 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15685

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum