PENANAMAN NILAI-NILAI EMPAT PILAR GIZI SEIMBANG MELALUI PELAKSANAAN PMT-AS DI TKIT AL FARABI PERUM. GRAHA PRIMA SEJAHTERA TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

MULIYA RAHAYU, NIM : 1320432009 (2015) PENANAMAN NILAI-NILAI EMPAT PILAR GIZI SEIMBANG MELALUI PELAKSANAAN PMT-AS DI TKIT AL FARABI PERUM. GRAHA PRIMA SEJAHTERA TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI EMPAT PILAR GIZI SEIMBANG MELALUI PELAKSANAAN PMT-AS DI TKIT AL FARABI PERUM. GRAHA PRIMA SEJAHTERA TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI EMPAT PILAR GIZI SEIMBANG MELALUI PELAKSANAAN PMT-AS DI TKIT AL FARABI PERUM. GRAHA PRIMA SEJAHTERA TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

MULIYA RAHAYU. Penanaman Nilai-nilai Empat Pilar Gizi Seimbang melalui PMT-AS (Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah) di TKIT Al-Farabi, Perum. Graha Prima Sejahtera Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Tema ini dipilih karena pentingnya untuk menanamkan konsep empat pilar gizi seimbang yang ditanamkan sejak anak usia dini agar menginternal dan menjadi pembiasaan diusia selanjutnya nanti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui hasil pelaksanaan penanaman nilai- nilai empat pilar gizi seimbang melalui Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi positif bagi pengembangan penelitian pendidikan terutama dalam menerapkan nilai-nilai pedoman empat pilar gizi seimbang melaui PMT-AS untuk anak usia dini yang berpengaruh terhadap gizi dan kesehatannya, sekaligus sebagai bahan pertimbangan untuk TKIT Al-Farabi di Kasihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, holistik, dan fenomenologis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Setelah data didapatkan, selanjutnya dianalisis data dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan, dan verifikasi data. Penanaman nilai-nilai empat pilar gizi seimbang diwujudkan berupa sebuah konsep ditanamkan melalui pelaksanaan PMT-AS yang sesuai dengan pedoman yang berlaku kepada pesrta didik di TKIT Al-Farabi agar menjadi sebuah habitus dikemudian harinya. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, Pada konsep PMT-AS TKIT Al-Farabi terdapat nilai-nilai yang berkenaan dengan empat pilar gizi seimbang baik itu dari konsep menu yang beraneka ragam, program kegiatan fisik, program pembiasaan perilaku hidup sehat, dan program pemantauan berat badan dalam program layanan UKS dan layanan kesehatan. Kedua, Penanaman nilai-nilai empat pilar gizi sembang dilakukan saat pelaksanaan PMT-AS dengan menggunakan konsep habituasi maupun social learning oleh guru. Dengan adanya kerjasama dari pengelola PMT-AS, kepala sekolah, guru, orang tua, dan TIM layanan kesehatan maka nilai-nilai ini dapat tertanam pada peserta didik. Ketiga Adanya dampak terhadap perilaku anak dari penanaman nilai-nilai empat pilar tersebut dirumah, meskipun konsistensi pembiasaan harus tetap dilakukan baik itu dirumah maupun di sekolah dengan bantuan orang tua dan guru, serta masyarakat. Dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap penanaman nilai-nilai empat pilar yang disosialisasikan oleh Dinas Kesehatan pada PMT-AS oleh Pemerintah Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui Dinas Pendidikan Formal dan Nonformal. Kata kunci : Nilai-nilai, empat pilar gizi seimbang, dan PMT-AS.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai, empat pilar gizi seimbang, dan PMT-AS.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Apr 2015 08:12
Last Modified: 14 Apr 2015 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15687

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum