PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS NILAI-NILAI HUMANIS JOHN P. MILLER UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL PESERTADIDIK MI/SD KELAS IV

NASRUL FAUZI, S.PD. I, NIM: 1320420013 (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS NILAI-NILAI HUMANIS JOHN P. MILLER UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL PESERTADIDIK MI/SD KELAS IV. Other thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Other (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS NILAINILAI HUMANIS JOHN P. MILLER UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL PESERTADIDIK MI/SD KELAS IV)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Other (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS NILAINILAI HUMANIS JOHN P. MILLER UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL PESERTADIDIK MI/SD KELAS IV)
BAB II, III, IV.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berawal dari kegelisahan akademik peneliti dalam pengamatan yang dilakukan pada sekolah-sekolah tingkat dasar. Pada umumnya ilmu pengetahuan hanya bersifat kognitif saja. Perlunya menginternalisasikan nilai-nilai humanis pada bahan ajar berupa modul merupakan salah satu jalan merubah paradigma peserta didik agar memiliki kepekaan sosial dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitan ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar pembelajaran IPA yang berkualitas dan berbasis nilai humanis John P. Millerpada pembelajaran sains untuk meningkatkankepekaan sosial peserta didik tingkat Madrasah Ibtidaiyah /Sekolah Dasar, penelitian ini untuk mengetahuirespon siswa terhadap modul yang dikembangkan serta faktor-faktor apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari modul yang dikembangkan.Proses pengembangan meliputi perencanaan, desain, dan pengembangan. Validasi produk dilakukan dengan cara meminta ahli media dan dosen ahli materi untuk memberi masukan berupa penilaian dan saran.Setelah itu dilakukan uji coba skala kecil dan revisi, ujicoba skala besar dan revisi, serta diseminasi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk Modul secara umum layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini didasarkan pada skor penilaian yang diperoleh melalui uji coba produk modul pembelajaran IPA berbasis nilai Humanis John P. Miller telah mencapai kategori sangat baik. Skor penilaian dari ahli materi mencapai rata-rata 4,3 dan dari ahli media mencapai 4,27. Sedangkan untuk guru mencapai rata-rata 4,77 dan 4,51, teman sejawat mencapai skor ratarata 4,83 dan 4,8. Respon peserta didik pada uji coba kelompok skala kecil dan besar mencapai 4,50 dan 4,65. Observasi nilai-nilai humanis (kepekaan Sosial) pada uji coba skala kecil mencapai 87,01% dan pada uji coba skala besar sebelum penggunaan modul mencapai 46,5% menjadi 83% setelah penggunaan modul, berarti kepekaan sosial peserta didik kenaikan yang sangat signifikan.Jadi dapat disimpulkan bahwa produk Modul IPA Berbasis Nilai-Nilai Humanis layak menjadi media pembelajaran untuk menumbuhkan kepekaan sosial.Kelebihan dari modul IPA berbasis nilai humanis ini antara lain modul IPA ini dapat membuat pembelajaran lebih bermakna karena banyak mengandung pembelajaran kontekstual yang memudahkan pemahaman siswa, mengandung muatan humanis dan penerapannya dalam pembelajaran, sesuai dengan keadaan sehari-hari siswa, Gambar lebih menarik, sesuai dengan psikologis siswa kelas IV MI/SD. Kelemahan modul ini adalah modul ini hanya mengangkat satu sub tema yaitu makanan sehat dan bergizi, modul ini hanya mengambil satu sub unit yaitu kepekaan sosial

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran, NILAI-NILAI HUMANIS JOHN P. MILLER
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Apr 2015 08:16
Last Modified: 14 Apr 2015 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15688

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum