EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER KERJA KERAS SISWA KELAS VIII SMP N 9 YOGYAKARTA

APRIA SAFITRI, NIM. 10600031 (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER KERJA KERAS SISWA KELAS VIII SMP N 9 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER KERJA KERAS SISWA KELAS VIII SMP N 9 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER KERJA KERAS SISWA KELAS VIII SMP N 9 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui efektivitas pendekatan Quantum Learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa; (2) mengetahui efektivitas pendekatan Quantum Learning terhadap karakter kerja keras siswa; (3) mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara pembelajaran dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep siswa; (4) mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara pembelajaran dan jenis kelamin terhadap karakter kerja keras siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan the non-equivalent control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pendekatan quantum learning, serta variabel terikat pemahaman konsep dan karakter kerja keras siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 9 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga terpilih kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes (soal pretest dan soal posttest) pemahaman konsep, skala sikap karakter kerja keras, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan two way anova dan uji t satu pihak kanan independen (analisis uji-t dengan taraf signifikansi 5%). Hasil penelitian adalah: (1) pendekatan quantum learning lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika siswa; (2) pendekatan quantum learning lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap karakter kerja keras siswa; (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep siswa; (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan jenis kelamin terhadap karakter kerja keras siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Ibrahim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: efektivitas pembelajaran, quantum learning, pemahaman konsep, dan karakter kerja keras
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 14 Apr 2015 01:38
Last Modified: 14 Apr 2015 01:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15690

Actions (login required)

View Item View Item