PEMBUATAN KATALIS SILIKA SULFAT DARI ABU SEKAM PADI DAN UJI KATALITIKNYA TERHADAP REAKSI ESTERIFIKASI GLISEROL MENGGUNAKAN ANHIDRIDA ASAM ASETAT UNTUK MENSINTESIS TRIACETIN

MOH. NOOR SALMAN, NIM. 10630038 (2015) PEMBUATAN KATALIS SILIKA SULFAT DARI ABU SEKAM PADI DAN UJI KATALITIKNYA TERHADAP REAKSI ESTERIFIKASI GLISEROL MENGGUNAKAN ANHIDRIDA ASAM ASETAT UNTUK MENSINTESIS TRIACETIN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBUATAN KATALIS SILIKA SULFAT DARI ABU SEKAM PADI DAN UJI KATALITIKNYA TERHADAP REAKSI ESTERIFIKASI GLISEROL MENGGUNAKAN ANHIDRIDA ASAM ASETAT UNTUK MENSINTESIS TRIACETIN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBUATAN KATALIS SILIKA SULFAT DARI ABU SEKAM PADI DAN UJI KATALITIKNYA TERHADAP REAKSI ESTERIFIKASI GLISEROL MENGGUNAKAN ANHIDRIDA ASAM ASETAT UNTUK MENSINTESIS TRIACETIN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Telah disintesis katalis silika sulfat dari abu sekam padi sebagai katalis untuk reaksi esterifikasi gliserol dengan anhidrida asam asetat. Reaksi tersebut dilakukan untuk mengkonversi Gliserol menjadi triacetin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keasaman katalis, waktu pereaksian dan penambahan kembali anhidrida asam asetat setelah reaksi esterifikasi, terhadap konversi gliserol dan nilai selektivitas triacetin. Percobaan ini dilakukan dengan perbandingan gliserol: anhidrida asam asetat sebesar 1: 4,75 menggunakan katalis silika sulfat dari sekam padi dengan berat katalis 5% dari berat gliserol, waktu pereaksian selama 4 jam dan pada suhu reaksi 115° C. Hasil analisa kualitatif menggunakan FT-IR dan XRD terhadap katalis menunjukkan bahwa katalis yang disintesis .berupa silika sulfat yang berbentuk amorf. Sedangkan hasil analisa kualitatif terhadap produk esterifikasi menggunakan FT-IR dan GC-MS menunjukkan adanya produk triacetin. Penggunaan silika sulfat sebagai katalis dapat mengkonversi gliserol sebesar 77 %, sedangkan untuk katalis SS-20 dapat memberikan nilai selektifitas triacetin sebesar 98%. Pengaruh keasaman katalis tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap nilai konversi. Namun semakin lama waktu pereaksian, maka akan meningkatkan nilai konversi dan selektivitas. Dan penambahan kembali anhidrida asam asetat terbukti dapat meningkatkan nilai selektivitas hinggan 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khamidinal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Telah disintesis katalis silika sulfat dari abu sekam padi sebagai katalis untuk reaksi esterifikasi gliserol dengan anhidrida asam asetat. Reaksi tersebut dilakukan untuk mengkonversi Gliserol menjadi triacetin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keasaman katalis, waktu pereaksian dan penambahan kembali anhidrida asam asetat setelah reaksi esterifikasi, terhadap konversi gliserol dan nilai selektivitas triacetin. Percobaan ini dilakukan dengan perbandingan gliserol: anhidrida asam asetat sebesar 1: 4,75 menggunakan katalis silika sulfat dari sekam padi dengan berat katalis 5% dari berat gliserol, waktu pereaksian selama 4 jam dan pada suhu reaksi 115° C. Hasil analisa kualitatif menggunakan FT-IR dan XRD terhadap katalis menunjukkan bahwa katalis yang disintesis .berupa silika sulfat yang berbentuk amorf. Sedangkan hasil analisa kualitatif terhadap produk esterifikasi menggunakan FT-IR dan GC-MS menunjukkan adanya produk triacetin. Penggunaan silika sulfat sebagai katalis dapat mengkonversi gliserol sebesar 77 %, sedangkan untuk katalis SS-20 dapat memberikan nilai selektifitas triacetin sebesar 98%. Pengaruh keasaman katalis tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap nilai konversi. Namun semakin lama waktu pereaksian, maka akan meningkatkan nilai konversi dan selektivitas. Dan penambahan kembali anhidrida asam asetat terbukti dapat meningkatkan nilai selektivitas hinggan 100%.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Apr 2015 13:08
Last Modified: 14 Apr 2015 13:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15721

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum