IDENTIFIKASI EKTOPARASIT IKAN NILA (Oreochromis nilaticus Tremavas) PADA KOLAM IPAL (INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH) PABRIK SUSU DI JAWA TENGAH

WAHYU MEI LESTARI, NIM. 10640004 (2015) IDENTIFIKASI EKTOPARASIT IKAN NILA (Oreochromis nilaticus Tremavas) PADA KOLAM IPAL (INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH) PABRIK SUSU DI JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI EKTOPARASIT IKAN NILA (Oreochromis nilaticus Tremavas) PADA KOLAM IPAL (INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH) PABRIK SUSU DI JAWA TENGAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI EKTOPARASIT IKAN NILA (Oreochromis nilaticus Tremavas) PADA KOLAM IPAL (INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH) PABRIK SUSU DI JAWA TENGAH)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Berkembangnya industri berkontribusi pada peningkatan pencemaran, dengan demikian setiap industri perlu memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Limbah yang sudah memenuhi standar, dialirkan ke badan sungai, sebagai indikator secara kualitatif maka dipelihara sejumlah ikan. Organisme penyebab penyakit pada ikan sangat beragam, salah satunya adalah ektoparasit Serangan ektoparasit pada ikan Nila (Oreochromis nilaticus Tremavas) merupakan masalah serius karena dapat mengakibatkan ancaman pada saat budidaya. Kerugian akibat ektoparasit dapat berupa tingkat mortalitas yang tinggi, penurunan produksi ikan, serta rendahnya nilai jual. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jenis ektoparasit yang terdapat pada ikan Nila (Oreochromis nilaticus Tremavas) di Kolam IPAL Pabrik Susu di Jawa Tengah dan mengetahui nilai prevalensi dan intensitas infeksi ektoparasit yang ditemukan. Sampel diambil secara acak dari tiga ukuran, dari masing-masing ukuran diambil 3 ekor sampel. Data jenis dan tingkat infeksi yang ditemukan dianalisis secara perhitungan data. Berdasarkan semua ukuran ikan Nila (B1,B2 dan B3) menunjukkan prevalensi 100% untuk semua ektoparasit (Trichodina sp, Dactylogyrus sp dan Gyrodactylus sp), minggu ke-1 menunjukkan 33,3% untuk ektoparasit Trichodina sp dan 66,6% untuk Dactylogyrus sp pada ikan ukuran B2. Menurut standar Kismiyati, (2009) dalam Indah, (2013) intensitas pada ikan uji menunjukkan intensitas ringan baik B1, B2 dan B3 untuk semua ektoparasit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Najda Rifqiyati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Ektoparasit, Ikan Nila (Oreochromis nilaticus Tremavas), Intensitas, Prevalensi.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 14 Apr 2015 06:39
Last Modified: 14 Apr 2015 06:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15729

Actions (login required)

View Item View Item