ANALISIS KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN BERDASARKAN HARAPAN DAN KENYATAAN “Studi Kasus pada Perpustakaan Politeknik Neger

ARTA YUNANTA, NIM. 1220011029 (2015) ANALISIS KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN BERDASARKAN HARAPAN DAN KENYATAAN “Studi Kasus pada Perpustakaan Politeknik Neger. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN BERDASARKAN HARAPAN DAN KENYATAAN “Studi Kasus pada Perpustakaan Politeknik Neger)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN BERDASARKAN HARAPAN DAN KENYATAAN “Studi Kasus pada Perpustakaan Politeknik Neger)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perpustakaan sebagai pusat dan tempat pengelolaan informasi harus dapat mempertahannkan eksistensinya dalam menyebarkan informasi yang benar dan akurat. Perpustakaan mempunyai peranan penting dalam berkembangnya ilmu pengetahuan dan berkembangnya informasi. Salah satu perpustakaan yang menunjang dalam proses dunia pendidikan adalah Perpustakaan Perguruan Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, metode ini adalah penelitian yang menggambarkan atau menjelaskan suatu masalah yang hasilnya dapat digeneralisasikan. Penelitian kuantitatif dapat diatikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivs, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistic. Jadi sampel yang digunakan berdasarkan hasil perhitungan dan pertimbangan dari viable Issac dan Michael adalah sebanyak 260 orang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa semua jurusan yang ada di Politeknik Negeri Malang. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa rata-rata tertinggi terdapat pada indikator tangible khususnya pada item Staff perpustakaan berpenampilan baik dan rapi, dengan nilai sebesar 3,81. Sedangkan rata-rata terendah terdapat pada 2 indikator yaitu emphaty khususnya pada item Staff perpustakaan memberikan perhatian khusus kepada pengguna dan indikator responsiveness khususnya pada item Staff perpustakaan bersedia menawarkan bantuan. Kedua item pertanyaan tersebut memiliki rata-rata sebesar 3,24. Selain indikator service quality, indikator laiinya yaitu komunikasi dan loyalitas pengguna perpustakaan di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang juga disebutkan sangat tinggi, hal ini terlihat dari jumlah pengunjung dan staff perpustakaan melakukan komunikasi dengan pengguna perpustakaan sangat tinggi. Indikator tersebut berada di dalam indikator pelayanan Empaty. Harapan dan kenyataan yang terlihat bahwa seluruhnya bernilai negative. Dengan demikian dapat diartikan bahwa meskipun pelayanan yang telah dirasakan oleh pengguna perpustakaan di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dikategorikan tinggi, akan tetapi masih belum sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna perpustakaan. Masih ada beberapa item yang perlu ditingkatkan supaya kepuasan terhadap pelayanan di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang semakin baik. Kata Kunci : Perpustakaan, Kepuasan Pengguna, Layanan Perpustakaan, Kesenjangan (Gap)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Kifayah Amar, S.Sc., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Kepuasan Pengguna, Layanan Perpustakaan, Kesenjangan (Gap)
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Apr 2015 08:30
Last Modified: 07 Mar 2024 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15739

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum