PENERAPAN MODEL SISTEM DINAMIS UNTUK MENGANALISIS PERTUMBUHAN PARIWISATA TERHADAP PENINGKATAN KEMACETAN DI KOTA YOGYAKARTA

NUGRAHA JAKA SUSANTO, NIM. 09660028 (2015) PENERAPAN MODEL SISTEM DINAMIS UNTUK MENGANALISIS PERTUMBUHAN PARIWISATA TERHADAP PENINGKATAN KEMACETAN DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL SISTEM DINAMIS UNTUK MENGANALISIS PERTUMBUHAN PARIWISATA TERHADAP PENINGKATAN KEMACETAN DI KOTA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (816kB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL SISTEM DINAMIS UNTUK MENGANALISIS PERTUMBUHAN PARIWISATA TERHADAP PENINGKATAN KEMACETAN DI KOTA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Industri Pariwisata merupakan salah suatu sektor yang memiliki pengaruh signifikan dalam pembangunan. Kota Yogyakarta telah dikenal luas sebagai kota pariwisata yang memiliki kekayaan daya tarik wisata dan terus mengalami pertumbuhan di bidang pariwisata. Di samping itu Koya Yogyakarta juga mengalami pertumbuhan ekonomi dan penduduk. Pertumbuhan tersebut berpengaruh pada semakin tingginya pergerakan aktivitas masyarakat dan wisatawan. Dalam studi ini dicoba untuk dibangun sebuah model pertumbuhan pariwisata terhadap peningkatan kemacetan dengan metode pendekatan sistem dinamis. Dari hasil simulasi diketahui bahwa sebenarnya tanpa kehadiran wisatawan, Kota Yogyakarta tidak mengalami kemacetan akibat volume lalu lintas yang dibangkitkan oleh pergerakan jumlah penduduk. Sedangkan dengan pertumbuhan pariwisata, volume kendaraan dari wisatawan berpengaruh cukup signifikan dalam menambah kemamacetan di Kota Yogyakarta. Dari hasil simulasi tingkat kemacetan atau tingkat pelayanan jalan (V/C) di kota Yogyakarta mencapai 1,10 di akhir tahun simulasi. Artinya pada tahun tersebut jika dengan skenario tetap (sesuai model) akan terjadi arus lalulintas yang dipaksakan atau macet, kecepatan rendah, volume melebihi kapasitas, antrian panjang dan terjadi hambatan-hambatan yang besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Arya Wirabhuana, ST, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Industri Pariwisata, pertumbuhan jumlah wisatawan, kemacetan, sistem pariwisata, sistem transportasi, system dinamis.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Apr 2015 06:39
Last Modified: 19 Apr 2016 06:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15764

Actions (login required)

View Item View Item