KEMAMPUAN GURU PAI MA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, Dan MA Ma’arif

APRILIA FIA ERFIANI, NIM 1220410037 (2014) KEMAMPUAN GURU PAI MA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, Dan MA Ma’arif. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN GURU PAI MA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, Dan MA Ma’arif)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN GURU PAI MA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, Dan MA Ma’arif)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Proses belajar mengajar pendidikan agama Islam pada lembaga formal salah satunya yang ada di madrasah aliyah tidak lain untuk mengarahkan perubahan diri baik secara pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. Pembelajaran pada hakikatnya merupakan proses komunikasi antara guru dan siswa. Media pembelajaran turut mendukung kelancaran komunikasi yang dilakukan. Tingkat kompetensi pedagogik yang dimiliki guru juga turut andil sukses dan tidaknya penguasaan siswa dalam memahami setiap materi pelajaran PAI. Madrasah aliyah sebagai sekolah berciri khas Islam berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan media dalam pembelajaran PAI. Guru PAI di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, dan MA Ma’arif Borobudur telah menerapkan media dalam pembelajaran untuk membantu dalam penyampaian materi pelajaran. Maka dari itu, penelitian ini terkait dengan Kemampuan Guru PAI MA dalam mengembangkan media pembelajaran (Studi Kasus di MAN Magelang, MA Al-Iman Margoyoso Salaman, dan MA Ma’arif Borobudur), dengan rumusan masalah, bagaimana kemampuan guru PAI di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, dan MA Ma’arif Borobudur dalam merencanakan, memroduksi, dan mengevaluasi media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, bagaimana pemanfaatan mediaoleh guru PAI di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, dan MA Ma’arif Borobudur dalam pembelajaran, dan bagaimana dampak penggunaan media pembelajaran bagi partisipasi siswa di MAN Magelang, MA AL-Iman Margoyoso Salaman, dan MA Ma’arif Borobudur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-analitik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teknologik.Penentuan subyek penelitian digunakan teknik sampel purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penyajian data dengan menggunakan analysis interactif model dari Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Kemampuan guru PAI ketiga madrasah tersebut dalam merencanakan, memroduksi, dan mengevaluasi media pembelajaran telah terstruktur dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur. Dalam pembuatan media pembelajaran lebih didasarkan pada perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru PAI sebelum mengajar.Guru PAI MAN Magelang dalam pembuatan media pembelajaran lebih kepada media berbasis teknologi, walaupun selain itu juga membuat media lain yang sederhana yaitu puzzle. Guru PAI MA AL-Iman Margoyoso Salaman, pembuatan media pembelajaran memperhatikan tahapan-tahapan yang sesuai dengan prosedur yang ada. Walaupun karena terkendala oleh fasilitas yang terbatas dan baru saja mengampu mata pelajaran tersebut tidak lantas membuat guru PAI tersebut menyerah dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dengan media pembelajaran yang sederhana. Seperti yang dilakukan oleh guru SKI dan Fiqih MA AL-Iman Margoyoso Salaman yaitu dengan memanfaatkan media papan tulis dengan maksimal.Sedangkan media berbasis teknologi lebih banyak digunakan oleh guru Al-Qur’an Hadist dan Akidah Akhlak. Selanjutnya guru PAI MA Ma’arif Borobudur dalam pembuatan media pembelajaran juga sudah tersetruktur dan sesuai dengan prosedur yang ada. Guru PAI MA Ma’arif Borobudur lebih banyak menggunakan media berbasis teknologi seperti powerpoint dalam membantu proses belajar mengajar. 2) Pemanfaatan media oleh guru PAIketiga madasah tersebut dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan fasilitas yang tersedia di madrasah dan dapat memilih media yang sesuai dengan pembelajaran yang dilangsungkan. Guru PAI MAN Magelang memanfaatkan labolatorium agama dan fasilitas madrasah lainnya dalam menunjang pembelajaran PAI. Sedangkan guru PAI MA AL-Iman Margoyoso Salaman dalam memanfaatkan fasilitas yang ada terkendala oleh ketersediaan yang terbatas tidak lantas membuat berhenti untuk berinovasi dalam pembelajaran. Guru PAI di MA tersebut memiliki trik tersendiri untuk mensiasati keterbatasan tersebut. Sehingga fasilitas yang ada bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Walaupun pemilihan media pembelajaran terbatas, akan tetapi guru PAI mampu mensiasatinya dengan baik. Selanjutnya guru PAI MA Ma’arif Borobudur dalam memanfaatkan fasilitas yang tersedia di madrasah dengan memanfaatkan fasilitas dengan maksimal. Pemilihan media dalam pembelajaran PAI yang dilangsungkan dapat dilakukan dengan baik. 3) Dampak yang diperoleh dari penggunaan media pembelajaran bagi partisipasi siswa ketiga madrasah tersebut dapat berpengaruh positif. Siswa pada ketiga madrasah tersebut merasa lebih antusias, semangat, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mudah memahami pelajaran, dan lebih tertarik pembelajaran dengan menggunakan media. Kata Kunci : Kemampuan guru, Pengembangan Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PEMBIMBING: DR. ABDUL MUNIP, M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan guru, Pengembangan Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Apr 2015 08:04
Last Modified: 16 Apr 2015 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15773

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum