UJI COBA PRODUK PENGEMBANGAN HAND OUT MATERI STOIKIOMETRI SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SMA NEGERI 1 KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR SURAKARTA JAWA TENGAH YANG DISUSUN OLEH SOLIHIN

AMALIA SHOLIKHAH PRATIWI, NIM. 08670006 (2015) UJI COBA PRODUK PENGEMBANGAN HAND OUT MATERI STOIKIOMETRI SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SMA NEGERI 1 KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR SURAKARTA JAWA TENGAH YANG DISUSUN OLEH SOLIHIN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UJI COBA PRODUK PENGEMBANGAN HAND OUT MATERI STOIKIOMETRI SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SMA NEGERI 1 KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR SURAKARTA JAWA TENGAH YANG DISUSUN OLEH SOLIHIN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33MB) | Preview
[img] Text (UJI COBA PRODUK PENGEMBANGAN HAND OUT MATERI STOIKIOMETRI SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SMA NEGERI 1 KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR SURAKARTA JAWA TENGAH YANG DISUSUN OLEH SOLIHIN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik dan masukan pendidik terhadap hand out materi stoikiometri setelah dilakukan uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan RPP serta mengetahui bagaimana kajian produk terhadap prestasi belajar dan motivasi belajar kimia peserta didik. Penelitian ini merupakan research and development (R & D) lanjutan yang telah dilakukan oleh Solihin. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kebakkramat Karanganyar. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sesuai dengan kebutuhan. Desain penelitian terdiri dari 3 tahap yaitu, ujicoba satu-satu, kelompok kecil, dan lapangan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar saran atau masukan, angket, dan observasi. Adapun teknik analisis data penelitian menggunakan teknik kategorisasi dengan cara mengkonversi data kuantitatif ke data kualitatif. Hasil respon peserta didik terhadap hand out diperoleh skor rata-rata 74,1 dengan kriteria baik. Masukan dari pendidik setelah uji coba lapangan ditindaklanjuti untuk merevisi hand out. Keterlaksanaan proses pembelajaran sudah sesuai dengan RPP dengan kategori baik, hal ini menunjukkan bahwa hand out mudah digunakan oleh pendidik. Adapun kajian hand out ditinjau dari prestasi belajar kimia peserta didik menunjukkan bahwa 100% peserta didik tuntas belajar kimia, sedangkan ditinjau dari motivasi belajar menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik itu baik dengan skor rata-rata 75,16. Dengan demikian, hand out ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dan layak untuk disebarluaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : M. Agung Rokhimawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hand out kimia, uji coba, stoikiometri
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 16 Apr 2015 02:37
Last Modified: 16 Apr 2015 02:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15781

Actions (login required)

View Item View Item