PENERAPAN INTEGRASI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI MA NEGERI TEGALREJO MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014

ABDI YANUAR MUSTAFID, NIM. 09670039 (2015) PENERAPAN INTEGRASI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI MA NEGERI TEGALREJO MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN INTEGRASI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI MA NEGERI TEGALREJO MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN INTEGRASI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI MA NEGERI TEGALREJO MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:perencanaan proses pembelajaran kimia, pelaksanaan proses pembelajaran kimia terintegrasi Islam, mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan proses pembelajaran terintegrasi Islam, respon peserta didik tentang proses pembelajaran kimia terintegrasi Islam di MAN Tegalrejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menguraikan objek penelitian yang sebenarnya tanpa melakukan treatment. Peneliti menguraikan secara naratif suatu proses tingkah laku subjek sesuai dengan permasalahan yang diteliti. Penelitian dilakukan di MAN Tegalrejo dengan sumber data yang terdiri dari peserta didik, guru kimia, kepala sekolah, dan waka kurikulum. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, pengisian angket, dan analisis dokumentasi. Uji keabsahan data yang dilakukan meliputi uji kredibilitas (triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan member check), uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif meliputi analisis sebelum lapangan dan analisis selama dilapangan (data reduction, data display, dan verification), sedangkan analisis kuantitatif menggunakan skala likert. Perangkat perencanaan proses pembelajaran kimia yang berupa silabus dan RPP yang disusun oleh guru kimia di MAN Tegalrejo belum memuat konsep integrasi Islam secara khusus. Namun guru telah menyampaikan integrasi nilai-nilai keislaman secara induktifikasi, yaitu dengan menyampaikan nilai-nilai Islam di pertengahan pembelajaran. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran kimia terintegrasi Islam adalah belum adanya penulisan integrasi nilai keislaman secara khusus dalam silabus dan RPP sehingga pola penyampaian integrasi belum teratur dan sistematis. Serta kondisi peserta didik yang kompleks dalam berkemampuan. Meskipun demikian peserta didik merespon positif pembelajaran kimia yang dipadukan dengan nilai-nilai keislaman. Skala sikap yang ditunjukkan peserta didik tergolong baik dengan persentase mencapai 78,20%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sigit Prasetyo, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penelitian kualitatif, integrasi Islam, pembelajaran kimia
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Apr 2015 09:44
Last Modified: 16 Apr 2015 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15785

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum