KONSEP INTEGRASI ANTARA ISLAM DAN ILMU (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYED MUHAMMAD AL-NAQUIB AL-ATTAS DAN KUNTOWIJOYO)

MUHAMAD ZAINUL BADAR, NIM. 10510060 (2015) KONSEP INTEGRASI ANTARA ISLAM DAN ILMU (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYED MUHAMMAD AL-NAQUIB AL-ATTAS DAN KUNTOWIJOYO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP INTEGRASI ANTARA ISLAM DAN ILMU (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYED MUHAMMAD AL-NAQUIB AL-ATTAS DAN KUNTOWIJOYO))
10510060_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP INTEGRASI ANTARA ISLAM DAN ILMU (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYED MUHAMMAD AL-NAQUIB AL-ATTAS DAN KUNTOWIJOYO))
10510060_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Tatkala berbicara tentang Islam dan Ilmu maka tak jauh berbicara pula mengenai dua tokoh ini yaitu Syed Naquib Al-Attas dan Kuntowijoyo, kedua tokoh tersebut mempunyai konsep tentang integrasi anatara Islam dan Ilmu. Terdapat permasalahan tentang Islam dan Ilmu yang tidak bisa berjalan beiringan karna pemisah yang disebut dengan sekuralisme, budaya sekuralisme ini lah yang mencoba memisahkan antara Islam dan Ilmu sehingga Ilmu hanya berjalan sendiri tanpa adanya agama atau Islam, disinilah letak permasalahan yang di hadapi oleh umat muslim sehingga Syed Naquib Al-Attas dan Kuntowijoyo mencoba menyelesaikan permasalahaan ini dengan konsep mereka masing masing Al-Attas dengan konsep Islamisasi pengetahuannya dan Kuntowijoyo dengan pengIlmuan Islamnya. Kedua konsep ini apakah mempunyai perbedaan dan persamaan, hal ini lah yang ingin penulis ketahui dari kedua konsep tersebut. Metode penelitian yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode Komparasi, metode ini adalah membandingkan antara kedua konsep sehingga bisa mengetahui persamaan dan perbedaannya dari kedua konsep tersebut. Konsep integrasi antara Islam dan Ilmu Syed Naquib Al-Attas dan Kuntowijoyo yaitu Islamisasi pengetahuan dan pengIlmuan Islam mempnyai perbedaan yaitu pengIlmuan Islam bergerak dari teks ke konteks, Islamisasi Ilmu adalah sebaliknya, dari konteks ke teks, dan pengIlmuan Islam mengakui Ilmu pengetahuan yang objektivitas dan Islamisasi pengetahuan sebaliknya Islamisasi Ilmu pengetahuan menjadikan Ilmu pengetahuan menjadi subyektif, kedua konsep ini mempunyai metodologi yang berbeda pengIlmuan Islam dengan integralisasi dan Objektifikasi dan Islamisasi Ilmu pengetahuan dengan dua proses yaitu yang pertama Proses Verifikasi,dan yang kedua yaitu Memasukkan elemen-elemen Islam dan konsep kunci kedalam setiap cabang Ilmu pengetahuan kontemporer yang relevan. dari pebedaan-perbedaan kedua konsep tersebut terdapat persamaan yaitu kedua konsp ini mempunyai misi atau tujuan yang sama yaitu mengakrabkan antara Islam dan Ilmu selain agar tidak terkontaminasi oleh budaya sekuralisme, dan keduanya sama-sama ingin Islam di tempatkan sebagai subyek Ilmu bukan hanya sebagai objek Ilmu barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. H. Syaifan Nur, MA.,
Uncontrolled Keywords: konsep integrasi, islam dan ilmu,studi komparatif
Subjects: Filsafat Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Filsafat Agama (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Apr 2015 13:26
Last Modified: 16 Apr 2015 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15793

Actions (login required)

View Item View Item