PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA SUB KONSEP SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN DI MTs IBNUL QOYYIM PUTRI

DWI ROHMIYATI, NIM. 10680026 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA SUB KONSEP SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN DI MTs IBNUL QOYYIM PUTRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA SUB KONSEP SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN DI MTs IBNUL QOYYIM PUTRI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA SUB KONSEP SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN DI MTs IBNUL QOYYIM PUTRI)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada sub konsep sistem organisasi kehidupan di MTs Ibnul Qoyyim Putri. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eskperiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan menggunakan dua kelas yaitu, kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (DI). Teknik pengumpulan data adalah angket dan tes. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-Test dan Independent Sample T-test, serta analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase motivasi kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 84,37% dan 74,02 %. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 81,50 dan 70,36. Berdasarkan hasil uji hipotesis motivasi belajar dengan Mann Whitney U-test dan hasil belajar dengan Independent Samples T-test menunjukkan bahwa sig. > 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR terhadap motivasi dan hasil belajar pada aspek kognitif siswa kelas VII pada sub konsep sistem organisasi kehidupan di MTs Ibnul Qoyyim Putri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Lela Susilawati, S.Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR, motivasi, hasil belajar, sistem organisasi kehidupan.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Apr 2015 08:26
Last Modified: 17 Apr 2015 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15797

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum