PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS POTENSI LOKAL GULA MERAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VII DI PANGANDARAN, JAWA BARAT

PUJI NURWAHYUNI, NIM. 08690009 (2015) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS POTENSI LOKAL GULA MERAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VII DI PANGANDARAN, JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS POTENSI LOKAL GULA MERAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VII DI PANGANDARAN, JAWA BARAT)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS POTENSI LOKAL GULA MERAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VII DI PANGANDARAN, JAWA BARAT)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul IPA berbasis potensi lokal gula merah, mengetahui kualitas modul menurut para ahli materi, ahli media, dan guru IPA SMP/MTs, serta mengetahui respon peserta didik terhadap modul IPA yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) model prosedural, yakni model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Prosedur pengembangan mengikuti prosedur yang dikembangkan oleh Puslitjaknov dengan melibatkan 5 langkah utama yaitu: 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; 2) mengembangkan produk awal; 3) validasi dan penilaian ahli serta revisi; 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; dan 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas modul IPA yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Untuk penilaian para ahli dan guru IPA SMP/MTs menggunakan skala 5, sedangkan untuk respon peserta didik menggunakan skala 4. Data dari hasil penelitian dianalisis untuk mengetahui kualitas produk melalui tiga tahap yaitu membuat tabulasi semua data yang diperoleh, menghitung rerata skor, dan mengubah rerata skor menjadi kategori kualitas. Hasil penelitian berupa modul IPA berbasis potensi lokal gula merah. Kualitas modul berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru IPA SMP/MTs adalah Baik (B). Rerata skor yang diperoleh sebesar 4,17, 4,02, dan 4,01, dengan persentase keidealan masing-masing 83,33%, 80,42%, dan 80,27%, sedangkan respon peserta didik terhadap modul IPA berbasis potensi lokal gula merah pada uji lapangan skala kecil dan uji coba lapangan pada skala besar adalah Sangat Setuju (SS). Rerata skor yang diperoleh sebesar 3,39 dan 3,60 dengan persentase keidealan 84,72% dan 90,09%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Nur Untoro, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: modul, IPA, potensi lokal, gula merah, sumber belajar
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Apr 2015 10:03
Last Modified: 17 Mar 2016 16:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15806

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum