ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PADA BMT TERHADAP KEPUASAN SANTRI (Studi Kasus di BMT Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta)

ARSYIL AZWAR SENJA L.C, NIM 1220311071 (2015) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PADA BMT TERHADAP KEPUASAN SANTRI (Studi Kasus di BMT Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PADA BMT TERHADAP KEPUASAN SANTRI (Studi Kasus di BMT Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PADA BMT TERHADAP KEPUASAN SANTRI (Studi Kasus di BMT Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Di era perdagangan bebas, persaingan di dunia industri semakin kompetitif. Perkembangan pelaku industri perbankan dari tahun ke tahun meningkat signifikan. Kondisi ini mendorong para investor untuk memaksimalkan kinerja mereka dalam mengelola perusahaan. Salah satu diantara elemen terpenting tersebut adalah pengelolaan “kualitas layanan”. Bisa dikatakan kualitas layanan merupakan faktor kunci untuk mengenal gambaran identitas sebuah perusahaan secara umum. Pemahaman konsumen tentang sebuah perusahaan secara sederhana dapat dilakukan dengan menilai aspek pelayanan. Maka dari itu, perlu adanya evaluasi untuk menilai kinerja pelayanan dalam sebuah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi CARTER didalam kualitas pelayanan dalam mencapai kepuasan pelanggan. Dimensi pelayanan model CARTER terdiri dari enam elemen yaitu compliance, assurance, reliability, tangible, empathy, responsiveness. Bentuk penelitian ini adalah penilitian survei. Data yang diambil melalui model purposive sampling dengan jumlah sampel 195 orang. Keseluruhan responden merupakan nasabah dari BMT Sunan Pandanaran yang juga berprofesi sebagai santri di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran. Metode yang digunakan untuk analisis data adalah Confirmatory Factor Analisys (CFA). Untuk alat analisis data menggunakan bantuan program Lisrel 8.72 dan SPSS 20. Dari penelitian ini dapat disusun beberapa kesimpulan, pertama Dari keenam dimensi yang membentuk variabel laten kualitas pelayanan, dimensi empathy memiliki pengaruh terbesar yaitu 96%, kemudian variabel yang memiliki pengaruh terbesar kedua adalah dimensi tangible 83%, responsiveness 46%, reliability 34%, compliance 5,8% dan assurance 4%. Data ini juga dapat dijadikan oleh lembaga terkait sebagai strategi serta meningkatkan perhatian untuk menentukan langkah apa yang dijadikan prioritas untuk memenuhi ekspektasi para nasabah. Dari hasil analisis jalur dalam mengukur pengaruh antara kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan pada dimensi CARTER memiliki koefisiesnsi sebesar 9 % dalam mempengaruhi kepuasan nasabah. Nilai ini juga menunjukkan kepuasan masih dipengaruhi oleh variabel atau faktor yang lainnya. Kata kunci : Kualitas layanan, Kepuasan, CARTER

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Bachruddin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan, Kepuasan, CARTER
Subjects: Ekonomi Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam > Keuangan dan Perbankan Syariah
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Apr 2015 09:19
Last Modified: 22 Nov 2023 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15811

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum