PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ( PENELITIAN QUASI EKSPERIMEN PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP IT AZ ZAHRA TAHUN AJARAN 2013/2014)

MUHAMAD MUSTOFA MABRUR, NIM. 08690013 (2015) PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ( PENELITIAN QUASI EKSPERIMEN PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP IT AZ ZAHRA TAHUN AJARAN 2013/2014). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ( PENELITIAN QUASI EKSPERIMEN PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP IT AZ ZAHRA TAHUN AJARAN 2013/2014))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ( PENELITIAN QUASI EKSPERIMEN PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP IT AZ ZAHRA TAHUN AJARAN 2013/2014))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui : 1) Pengaruh pembelajaran IPA terpadutipe Webbed dengan menggunakan metode demonstrasi dan diskusi pada tema gerak dalam kehidupan terhadap keterampilan proses sains peserta didik.2) Perbedaan peningkatan keterampilan proses sains pesertadidik dengan tipe Webbed menggunakan metode demonstrasi dan diskusi pada materi gerak dalam kehidupan. 3) Respon peserta didik terhadap model pembelajaran IPA terpadutipe Webbed dengan menggunakan metode demonstrasi dan diskusi pada tema gerak dalam kehidupan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi yang digunakan adalah kelas VII A, B, C dan D. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 dengan metode demonstrasi dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2 dengan metode diskusi. Instrumen pengambilan data adalah menggunakan tes,lembar angket tanggapan dan angket keterampilan proses. Teknik analisa data menggunakan uji t dan N-gain. Hasil penelitian menujukkan : 1) Terdapat pengaruh pembelajaran IPA terpadu tipe Webbedmengunakan metode demonstrasi dan diskusi terhadap peningkatan keterampilan proses sains. 2) Peningkatan keterampilan proses sains peserta didik menunjukkan kategori sedang dengan N-gain 0,68 dan 0,66. 3) Tanggapan peserta didik untuk metode demonstrsimenunjukkan kategori sangat setuju denganskor rata-rata 3,4. dan tanggapan peserta didik untuk metode diskusi menunjukkan kategori setuju dengan skor rata-rata 3,17.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : -
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : IPA terpadu,Webbed, demonstrasi, diskusi, keterampilan proses
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Apr 2015 10:13
Last Modified: 21 Apr 2015 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15820

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum