BAHASA SEKSIS DALAM BUKU AL-LUGHAH AL-'ARABIYYAH AL-MU'ASIRAH KARYA PROF. DR. ECKHERAD SCHULZ (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

DEVI YANIAR WI HARGINA, NIM 1220411257 (2015) BAHASA SEKSIS DALAM BUKU AL-LUGHAH AL-'ARABIYYAH AL-MU'ASIRAH KARYA PROF. DR. ECKHERAD SCHULZ (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BAHASA SEKSIS DALAM BUKU AL-LUGHAH AL-'ARABIYYAH AL-MU'ASIRAH KARYA PROF. DR. ECKHERAD SCHULZ (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAHASA SEKSIS DALAM BUKU AL-LUGHAH AL-'ARABIYYAH AL-MU'ASIRAH KARYA PROF. DR. ECKHERAD SCHULZ (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Buku pelajaran Bahasa Arab merupakan salah satu komponen pembelajaran dan media instruksional yang dominan peranannya dalam proses pembelajaran Bahasa Arab, seringkali menyajikan konten materi berbahasa Arab yang seksis. Bahasa seksis adalah bahasa yang merepresentasikan pria dan wanita secara tidak setara di mana anggota dari kelompok seks yang satu dianggap lebih rendah kemanusiannya, lebih sederhana, lebih sedikit hak-haknya daripada anggota dari kelompok seks yang lainnya. Bahasa seksis biasanya menyajikan stereotipstereotip tentang pria dan wanita yang kadang merugikan keduanya, tapi lebih sering merugikan kaum wanita. Dari konten materi berbahasa Arab yang termuat dalam Buku Al-Lughah Al-Mu’asirah AL-Mu’ashirah karya Eckherad Schulz seringkali menampilkan bentuk-bentuk bahasa seksis yang menganggap kaum wanita dan kaum lelaki tidak berimbang dan asimetri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya bentuk bahasa seksis dalam buku Al-Lughah Al-'arabiyyah Al-Mu'asirah karya Prof. Dr. Eckherad Schulz dan latar belakang sosio-kultural (konteks sosio-situasional) pada bahasa seksis dalam buku Al-Lughah Al-'arabiyyah Al-Mu'ashirah karya Prof. Dr. Eckherad Schulz. Dalam hal ini, peneliti membahas keterkaitan antara (diferensiasi gender) dengan pemakaian bahasa Arab yang berimplikasi pada bahasa seksis dalam buku Al-Lughah Al-'arabiyyah Al-Mu'asirah karya Prof. Dr. Eckherad Schulz dengan menggunakan metode analisis wacana (discourse analysis) serta teori bahasa dan gender dalam kajian sosiolinguistik. Sumber data tesis ini berupa kutipan-kutipan kata, kalimat, dan wacana yang terdapat dalam buku tersebut. Hasil penelitian ini adalah peneliti menemukan beberapa bentuk bahasa seksis yang mengindikasikan ketidakseimbangan penggunaan bahasa berdasarkan kontek tuturan gender feminim dan gender maskulin pada tataran kalimat yang mencerminkan konten materi berbahasa Arab yang seksis. Penulis menemukan faktor-faktor sosial-kultur (konteks sosio-situasional) yang melatarbelakangi bahasa seksis dalam buku Al-Lughah Al-‘arabiyah Al-Mu’asirah Karya Prof. Dr. Eckherad Schulz. Sebagai kontribusi dari penelitian ini menunjukkan adanya elemenelemen bahasa berbias gender secara tidak berimbang dan asimetris. Hal ini terefleksi pada materi buku Bahasa Arab yang memuat konten berbahasa Arab yang seksis. Selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan sebagai bahan evaluasi bagi para pemegang kebijakan pendidikan Islam dan juga pengarang buku-buku teks pendidikan Bahasa Arab agar lebih terbuka wacananya sehingga bias dan ketidakadilan gender dapat berkurang secara bertahap. Kata Kunci: Bahasa Seksis, Buku Al-Lughah Al-‘arabiyah Al-Mu’asirah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PEMBIMBING: DR. SEMBODO ARDI WIDODO
Uncontrolled Keywords: Bahasa Seksis, Buku Al-Lughah Al-‘arabiyah Al-Mu’asirah
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Apr 2015 09:18
Last Modified: 22 Apr 2015 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15828

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum