PEMBACAAN AYAT AYAT AL-QUR’AN DALAM MUJAHADAH PEMILIHAN KEPALA DESA PERIODE 2014-2019 (STUDI LIVING QUR’AN DI DESA PUCUNGREJO KEC. MUNTILAN KAB. MAGELANG)

MUHAMMAD ALFATH SALADIN, NIM. 10530065 (2015) PEMBACAAN AYAT AYAT AL-QUR’AN DALAM MUJAHADAH PEMILIHAN KEPALA DESA PERIODE 2014-2019 (STUDI LIVING QUR’AN DI DESA PUCUNGREJO KEC. MUNTILAN KAB. MAGELANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBACAAN AYAT AYAT AL-QUR’AN DALAM MUJAHADAH PEMILIHAN KEPALA DESA PERIODE 2014-2019 (STUDI LIVING QUR’AN DI DESA PUCUNGREJO KEC. MUNTILAN KAB. MAGELANG))
10530065_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PEMBACAAN AYAT AYAT AL-QUR’AN DALAM MUJAHADAH PEMILIHAN KEPALA DESA PERIODE 2014-2019 (STUDI LIVING QUR’AN DI DESA PUCUNGREJO KEC. MUNTILAN KAB. MAGELANG))
10530065_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan mujahadah pemilihan kepala desa terdapat pembacaan al- Qur’an oleh masyarakat. Pembacaan al-Qur’an tersebut menarik ketika dikaitkan dengan kepentingan politik dan menghasilkan beragam resepsi dan pemaknaan oleh masyarakat. Membaca al-Qur’an menjadi nilai bersama dalam masyarakat yang diimplementasikan dalam aktivitas kebudayaannya. Oleh karena itu, kajian-kajian semacam ini perlu dilakukan untuk menambah wawasan keilmuan keislaman serta untuk mengetahui fenomena pembacaan al-Qur’an di ruang sosio-kultural masyarakat Muslim. Dari uraian di atas, peneliti merumuskan beberapa permasalahan yang menjadi inti dari penelitian ini yaitu; Bagaimana prosesi pelaksanaan pembacaan ayat ayat al-Qur’an dalam mujahadah pemilihan kepala desa di Desa Pucungrejo?, apa faktor-faktor pendorong pembacaan ayat-ayat al-Qur’an dalam pemilihan kepala desa?, bagaimana masyarakat Desa Pucungrejo memaknai pembacaan al-Qur’an dalam mujahadah pemilihan kepala desa ?. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu studi kasus terhadap pelaksanaan mujahadah pemilihan kepala desa di Desa Pucungrejo Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Peneliti menggunakan tiga metode dalam proses pengumpulan data. Pertama, Observasi secara terlibat selama pelaksanaan mujahadah pemilihan kepala desa. Kedua, interview (wawancara) dengan beberapa masyarakat yang menjadi informan mengenai mujahadah pemilihan kepala desa dan resepsi masyarakat terhadap al-Qur’an. Ketiga, dokumentasi untuk mendukung data yang diperoleh selama observasi dan interview. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa mujahadah pemilihan kepala desa merupakan mujahadah yang dilaksanakan ketika terdapat pemilihan kepala desa untuk mendoakan agar calon kepala desa yang mengadakan mujahadah tersebut terpilih menjadi kepala desa. Dalam prosesi mujahadah pemilihan kepala desa ini dibacakan bacaan Yasin Fadhilah, bacaan dalam buku aurad dan khizib. Pembacaan Yasin Fadhilah dan ayat-ayat al-Qur’an lainnya merupakan fenomena penggunaan al-Qur’an dalam lingkup sosial-budaya sehingga memiliki beberapa ragam makna. Pertama, melalui makna obyektif. Dengan makna obyektif ini maka akan ditemukan keadaan sosial masyarakat desa Pucungrejo yang mempengaruhi terhadap pemaknaan masyarakat terhadap pembacaan Yasin Fadhilah khususnya pada mujahadah kepala desa di Desa Pucungrejo yang bersifat kontekstual sehingga masyarakat mengakui sebagai nilai bersama. Kedua, yaitu melalui makna ekspresif. Dengan makna ekspresif, maka akan ditemukan pemaknaan terhadap Yasin Fadhilah dan pembacaan ayat-ayat al-Qur’an lainnya pada masing-masing personal orang. Ketiga, adalah makna obyektif yang mana dalam makna obyektif masyarakat disadari atau tidak telah memiliki pemahaman dan pengetahuan manfaat dari pembacaan Yasin Fadhilah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Prof. Dr. H. Fauzan Naif
Uncontrolled Keywords: Mujahadah, kepala desa, living qur’an,
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Apr 2015 07:08
Last Modified: 22 Apr 2015 07:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15844

Actions (login required)

View Item View Item