PENAFSIRAN AL-ZAMAKHSYARI TENTANG PEMIMPIN DALAM KITAB AL-KASYSYAF ‘AN HAQAIQI GAWAMID AL-TANZIL WA ‘UYUN AL-‘AQAWIL FI WUJUHI AL-TA’WIL (ANALISIS TERHADAP SURAT AL-NISA’ AYAT 59)

SITI NUROHMAH, NIM. 11530028 (2015) PENAFSIRAN AL-ZAMAKHSYARI TENTANG PEMIMPIN DALAM KITAB AL-KASYSYAF ‘AN HAQAIQI GAWAMID AL-TANZIL WA ‘UYUN AL-‘AQAWIL FI WUJUHI AL-TA’WIL (ANALISIS TERHADAP SURAT AL-NISA’ AYAT 59). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENAFSIRAN AL-ZAMAKHSYARI TENTANG PEMIMPIN DALAM KITAB AL-KASYSYAF ‘AN HAQAIQI GAWAMID AL-TANZIL WA ‘UYUN AL-‘AQAWIL FI WUJUHI AL-TA’WIL (ANALISIS TERHADAP SURAT AL-NISA’ AYAT 59))
11530028_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENAFSIRAN AL-ZAMAKHSYARI TENTANG PEMIMPIN DALAM KITAB AL-KASYSYAF ‘AN HAQAIQI GAWAMID AL-TANZIL WA ‘UYUN AL-‘AQAWIL FI WUJUHI AL-TA’WIL (ANALISIS TERHADAP SURAT AL-NISA’ AYAT 59))
11530028_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Kitab al-Kasysyaf muncul pada abad pertengahan. Menurut para ulama yang telah melakukan penelitian, kitab tafsir ini sangat didominasi oleh pemikiran ideologinya yaitu Mu’tazilah. Hal tersebut sesuai dengan teori perkembangan tafsir yang ditulis oleh H. Abdul Mustaqim dalam bukunya yang berjudul Dinamika Sejarah Tafsir al-Qur’an. Disebutkan bahwa pada abad pertengahan tafsir banyak digunakan sebagai legitimasi maz\hab, politik, dan kelompok. Pada penelitian kali ini penulis akan mencoba melihat pengaruh dari segi politik terhadap penafsiran al-Zamakhsyari. Oleh karena itu, pendekatan yang akan penulis gunakan adalah sosio-historis. Dari metode deskriptif-analisis yang akan penulis gunakan pada penelitian kali ini setidaknya dapat menggambarkan pemikiran al-Zamakhsyari tentang politik dengan melihat penafsirannya yang terkesan pro atau kontra terkait masalah tersebut. Untuk membuktikannya penulis akan melihat dari sisi penafsiran al-Zamakhsyari ketika menafsirkan ayat-ayat terkait dengan masalah politik terutama Q.S. al-Nisa’: 59. Selain itu bagaimana kriteria menjadi seorang pemimpin negara menurut al-Zamakhsyari mengingat latar belakang historisnya yang terobsesi ingin memiliki kedudukan tinggi di suatu negara namun tak tersampaikan sampai akhirnya ia kembali kepada Yang Maha Kuasa. Dalam al-Qur’an banyak lafad yang digunakan untuk menyebutkan pemimpin seperti imamah, ulil amri, khalifah, dan lain sebagainya. Banyak perbedaan pendapat terkait siapa yang disebut sebagai pemimpin. Masing-masing pendapat memiliki kriteria dan pandangan sendiri terhadap pemimpin. Penggunaan lafaz-lafaz tersebut berkembang berdasarkan sejarah penggunaannya. Dalam Q.S. al-Nisa’: 59 lafaz ulil amri ditafsirkan al-Zamakhsayari sebagai umara’ al-haq. Menurut Mu’tazilah pemimpin merupakan hak umat dan tidak tertentu bagi seseorang. Allah dan Rasulullah tidak menentukan secara pasti tentang hal tersebut. Oleh karena itu tidak ada ketentuan harus dari kaum Quraisy sebagi syarat pemimpin. Dengan menggunakan metode dan pendekatan yang telah disebutkan di atas, maka terdapat beberapa kesimpulan. Pertama, pengalaman sosio-historis yang dialami oleh al-Zamakhsyari terkait masalah politik sangat berpengaruh pada penafsiran dan pemikirannya tentang pemimpin. Kedua, al-Zamakhsyari tidak secara jelas menghukumi wajib atau tidaknya memilih seorang pemimpin namun terlihat sangat sinis dan menonjolkan sisi negatif terhadap pemimipin. Ketiga, kriterianya terhadap pemimpin terlihat adanya kesubyektifitasan khususnya terkait masalah kesempurnaan fisik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Prof. Dr. H. Fauzan Naif, M.A.
Uncontrolled Keywords: penafsiran al-zamakhsyari, pemimpin, surat al-nisa’ ayat 59
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Apr 2015 07:14
Last Modified: 23 Apr 2015 07:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15859

Actions (login required)

View Item View Item