PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA DI BIDANG CUKAI HASIL TEMBAKAU DI WILAYAH HUKUM KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI (KPPBC) TIPE MADYA CUKAI KABUPATEN KUDUS

ABDUL KHAMID, NIM. 10340187 (2015) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA DI BIDANG CUKAI HASIL TEMBAKAU DI WILAYAH HUKUM KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI (KPPBC) TIPE MADYA CUKAI KABUPATEN KUDUS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA DI BIDANG CUKAI HASIL TEMBAKAU DI WILAYAH HUKUM KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI (KPPBC) TIPE MADYA CUKAI KABUPATEN KUDUS)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA DI BIDANG CUKAI HASIL TEMBAKAU DI WILAYAH HUKUM KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI (KPPBC) TIPE MADYA CUKAI KABUPATEN KUDUS)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penegakan hukum dalam arti luas mencakup kegiatan untuk melaksanakan dan menerapkan hukum serta melakukan tindakan hukum terhadap setiap pelanggaran atau penyimpangan hukum. Cukai adalah pungutan negara yang fungsi utamanya membatasi peredaran barang kena cukai. Sebagai konsekuensi dari fungsi tersebut, cukai memberikan kontribusi penerimaan negara yang cukup berarti. Sebagai pungutan Negara, cukai diatur dalam Undang-Undang Cukai yaitu Undang-Undang Nomor 11 tahun 1995 tentang Cukai sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007. Pelanggaran di bidang cukai hasil tembakau yang terjadi seperti peredaran rokok yang tidak dilekati pita cukai dan pemakaian pita cukai palsu di wilayah hukum Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Kudus akan berpengaruh terhadap penerimaan negara di sektor cukai. Pada tahun 2012 hingga bulan juli 2014 terjadi 100 pelanggaran administratif dan pidana, yaitu tahun 2012 ada 30 kasus, tahun 2013 ada 47 kasus da tahun 2014 ada 23 kasus. Berdasarkan hal tersebut maka dirumuskan pokok permasalahan mengenai apa saja jenis pelanggaran yang dilakukan pengusaha rokok, bagaimana penegakan hukum yang dilakukan oleh KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus serta kendala-kendala yang dihadapi dalam penegakan tindak pidana di bidang cukai hasil tembakau. Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field reseach yaitu penelitian lapangan berupa wawancara serta observasi yang didukung dengan penelitian pustaka atau library reseach. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris yaitu penelitian yang dilakukan berdasarkan pengembangan dari segi ketentuan- ketentuan hukum berupa peraturan perundang-undangan serta melihat realitasnya yang diimplementasikan di lapangan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah jenis pelanggaran yang terjadi adalah pelanggaran yang bersifat administratif dan juga bersifat pidana, penegakan hukum yang dilakukan oleh KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus adalah secara preventif yaitu dengan melakukan penyuluhan dan pengawasan dan represif yaitu dengan melakukan penindakan terhadap setiap pelanggaran di bidang cukai. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya jumlah personil terutama di bagian penyidik dan juga kurangnya sarana dan prasarana, penindakan berawal dari informasi yang diperoleh dari pengaduan masyarakat maupun hasil dari pengawasan yang berupa patroli keliling dan operasi pasar yang dilakukan oleh seksi Intelejen dan Penindakan, kemudian apabila pelanggaran yang ditemukan merupakan pelanggaran yang bersifat administratif maka hanya akan dikenai sanksi berupa denda namun apabila pelanggran tersebut berupa pelanggaran pidana maka akan dilanjutkan dengan penyidikan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: 1. ACH. TAHIR, S.H.I., S.H., LLM., MA. 2. FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.Hum.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 24 Apr 2015 02:19
Last Modified: 24 Apr 2015 02:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15871

Actions (login required)

View Item View Item