TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM MP) DI BIDANG SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) DI KECAMATAN WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG

M. TAUFIK, NIM. 10340195 (2015) TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM MP) DI BIDANG SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) DI KECAMATAN WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM MP) DI BIDANG SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) DI KECAMATAN WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM MP) DI BIDANG SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) DI KECAMATAN WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PNPM Mandiri Perdesaan merupakan salah satu program pemerintah yang tujuan utamanya meningkatnya kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin di pedesaan dengan mendorong kemandirian dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan yang berkelanjutan. Kekurangan dan kelebihan program ini harus dipandang secara aktual serta implementasinya harus dicermati agar kehadirannya dapat memenuhi tujuan utamanya. Pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan harus berpedoman pada Keputusan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Selaku Ketua Tim Koordinator Penanggulangan Kemiskinan No: 25/Kep/Menko/Kesra/VII/2007 Tentang Pedoman Umum Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri). Maka diterbitkan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor: 414.2/3717/PMD tanggal 5 November 2008 Perihal Petunjuk Teknis Operasional (PTO) PNPM Mandiri Perdesaan tahun anggaran 2008 dan 2009. Sebagaimana telah disempurnakan terakhir melalui revisi PTO tahun anggaran 2014 dengan diterbitkannya Surat Menteri Nomor: 414.2/3101/PMD tanggal 24 April 2014 Perihal Petunjuk Teknis Operasional (PTO) PNPM Mandiri Perdesaan tahun anggaran 2014. Penelitian ini adalah field research yaitu mencari data secara langsung ke lapangan dengan melihat dari dekat obyek yang diteliti. Metode berfikir yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deduktif, yaitu berangkat dari sebuah teori yang kemudian dibuktikan dengan pencarian fakta. Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah tentang tinjauan yuridis pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan di bidang SPP dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi terlaksana dan tidak terlaksananya program. Di dalam Penjelasan IV (Jenis dan Proses Pelaksanaan Bidang Kegiatan) Petunjuk Teknis Operasional (PTO) PNPM Mandiri Perdesaan tahun anggaran 2014 telah mengatur mengenai ketentuan dasar yang harus dilaksanakan dalam kegiatan SPP. Akan tetapi dalam tataran praksis di lapangan, masih terdapat beberapa hal yang belum sesuai. Seperti yang terjadi di lapangan, kelompok SPP dalam mengajukan pinjaman menggunakan agunan/jaminan. Padahal ketentuan dasar yang tercantum dalam Penjelasan IV (Jenis dan Proses Pelaksanaan Bidang Kegiatan) Petunjuk Teknis Operasional (PTO) PNPM Mandiri Perdesaan tahun anggaran 2014 huruf (a) berbunyi “kemudahan” artinya masyarakat miskin dengan mudah dan cepat mendapatkan pelayanan kebutuhan tanpa syarat agunan, dan masih ada beberapa hal yang belum sesuai seperti di bahas di dalam bab IV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. Dr. EUIS NURLAELAWATI, MA. 2. ISWANTORO, S.H., M.H.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Apr 2015 10:33
Last Modified: 24 Apr 2015 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15874

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum