ISTERI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA DALAM KELUARGA: PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KEHIDUPAN KELUARGA TKW DI DESA TINUMPUK KECAMATAN JUNTINYUAT KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2013)

MASLIKA, NIM. 10350007 (2015) ISTERI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA DALAM KELUARGA: PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KEHIDUPAN KELUARGA TKW DI DESA TINUMPUK KECAMATAN JUNTINYUAT KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ISTERI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA DALAM KELUARGA: PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KEHIDUPAN KELUARGA TKW DI DESA TINUMPUK KECAMATAN JUNTINYUAT KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2013))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ISTERI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA DALAM KELUARGA: PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KEHIDUPAN KELUARGA TKW DI DESA TINUMPUK KECAMATAN JUNTINYUAT KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2013))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kewajiban memberi nafkah terhadap keluarga menjadi kewajiban seorang suami, namun dalam kenyataannya sekarang kewajiban suami itu diemban juga oleh seorang isteri ketika suami tidak mampu mencukupi kebutuhan keluarga. Seorang isteri memilih jalan dengan menjadi TKW, yang dianggap mampu mengatasi problem masalah ekonomi dalam keluarganya ketika keterbatasan seorang suami dalam memenuhi kebutuhan rumah tangganya tidak mencukupi. Isteri bekerja sebagai pencari nafkah utama menjadikan peran utama sebagai ibu rumah tangga terlupakan dan terabaikan karena kesibukan dalam mencari nafkah sehingga memberikan pengaruh atau dampak terhadap kehidupan rumah tangga. Fenomena isteri sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga dijumpai di Desa Tinumpuk Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Dalam penelitian ini, pokok permasalahan yang difokuskan adalah faktor pendorong dari isteri bekerja sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga, dampak dari isteri bekerja sebagai pencari nafkah utama dengan menjadi TKW, kemudian bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap isteri sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga, Penelitian ini merupakan Field Research yaitu penelitian yang dilakukan di Desa Tinumpuk Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah dua puluh keluarga TKW yang isterinya bekerja sebagai pencari nafkah utama. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis yang mana penyusun mendeskripsikan/menceritakan realita kehidupan keluarga yang isterinya sebagai pencari nafkah utama kemudian mengalisap dampak dan dalam perspektif hukum Islam isteri bekerja sebagai pencari nafkah utama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa isteri sebagai pencari nafkah utama memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya yaitu pemenuhan kebutuhan ekonomi menjadi membaik dan dampak negatif yaitu ketidakjelasan kedudukan suami isteri, kebutuhan biologis suami isteri kurang terpenuhi dan pendidikan anak menjadi tidak baik. Dalam hukum Islam, tidak ada larangan bagi wanita atau isteri untuk bekerja selagi tidak menimbulkan kerugian. Isteri bekerja sebagai pencari nafkah utama dalam subjek penelitian ini menimbulkan dampak negatif yang lebih besar dari pada dampak positifnya sehingga hal ini tidak sesuai dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Drs. SUPRIATNA, M. Si.
Subjects: Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Apr 2015 08:45
Last Modified: 04 May 2016 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15893

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum