PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KELUARGA BERENCANA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SEJAHTERA (STUDI KASUS TERHADAP MASYARAKAT DESA SIDOHARJO, KECAMATAN PURWODADI, KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH)

YENNY WAHYUNI, NIM. 11350056 (2015) PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KELUARGA BERENCANA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SEJAHTERA (STUDI KASUS TERHADAP MASYARAKAT DESA SIDOHARJO, KECAMATAN PURWODADI, KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KELUARGA BERENCANA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SEJAHTERA (STUDI KASUS TERHADAP MASYARAKAT DESA SIDOHARJO, KECAMATAN PURWODADI, KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KELUARGA BERENCANA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SEJAHTERA (STUDI KASUS TERHADAP MASYARAKAT DESA SIDOHARJO, KECAMATAN PURWODADI, KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam rangka mewujudkan keluarga sejahtera, banyak cara yang ditempuh oleh masyarakat Indonesia, khususnya para ibu-ibu yang sudah berkeluarga (isteri), salah satu cara yang ditempuh yaitu dengan melaksanakan program Keluarga Berencana. Melihat pesatnya pertambahan penduduk maka diperlukan adanya program KB dengan pertimbangan hal ini dapat menjadikan masyarakat Indonesia yang makmur juga sejahtera. Namun yang terjadi dalam masyarakat Desa Sidoharjo justru sebaliknya, (43,2%) masih banyak yang tidak melaksanakan KB, karena menurut mereka KB adalah sebuah hal yang tidak umum dan tidak menarik lagi, (17, 9 %) sudah tercatat melaksanakan KB, sedangkan sisanya (38,9%) pernah melaksankan KB namun tidak diteruskan dengan salah satu alasan terdapatnya efek pemakaian alat kontrasepsi. Dengan adanya upaya program KB ini, maka diharapkan dapat mewujudkan Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS). Didalam al-Qur‟an maupun sumber hukum lainnya masalah KB mengenai penentuan jumlah anak masih saja sering diperdebatkan. Ada sebagian para ulama yang mengatakan bahwa KB dilarang jika dilakukan dengan alasan takut akan kemiskinan, maka alasan tersebut tidak dibenarkan oleh Islam. Untuk mengimbangi pemahaman agama kepada masyarakat yang kurang faham adanya manfaat program KB, maka diperlukan adanya kerjasama antar beberapa pihak terutama tokoh masyarakat itu sendiri dan tokoh agama setempat. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat Sidoharjo terhadap program keluarga berencana dalam mewujudkan keluarga sejahtera, serta faktor apa saja yang mempengaruhi pandangan masyarakat dan bagaimana korelasinya dengan Hukum Islam. Dapat juga untuk mengetahui peran dan fungsi keluarga berencana, mengubah pola pikir masyarakat mengenai pemahaman keluarga berencana terutama dalam Islam, agar dalam pelaksanaan tersebut tidak melanggar aturan bahkan menyimpang dari syari‟at Islam. Penelitian ini menggunakan field research, dengan metode pendekatan normatife, yang dalam pengertiannya menggunakan tolak ukur agama (al-Qur‟an dan Hadist serta kaidah-kaidah fikih serta ushul fikih). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa masyarakat Sidoharjo yang tidak mengikuti program keluarga berencana (43,2%) tidak setuju adanya program keluarga berencana, karena program keluarga berencana merupakan program yang bersifat memaksa. Hal tersebut dikarenakan terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pandangan masyarakat. Akan tetapi masyarakat lain (17,9%) mengungkapkan bahwa keluarga berencana merupakan upaya dalam mewujudkan keluarga sejahtera, sedangkan (38,9%) mengatakan bahwa keluarga sejahtera dapat diperoleh dengan adanya kesadaran hak dan tangungjawab masing-masing suami dan isteri. Dengan demikian dasar dari adanya peran dan fungsi itu terletak dan ditentukan pertama oleh pemeritah yang bertanggungjawab atas tugasnya, kedua terletak pada kesadaran besar suami isteri juga tingkat perekonomian yang harus lebih memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : Dr. H. AGUS MOH. NAJIB, M. Ag.
Subjects: Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Apr 2015 13:40
Last Modified: 04 May 2016 12:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15909

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum