HUKUM ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN ZAKAT FITRAH (STUDI KASUS DI DUSUN KUBANGPARI CIHERANG BANJARSARI CIAMIS JAWA BARAT)

ANGGI ARID HIDAYATULLAH, NIM. 11350078 (2015) HUKUM ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN ZAKAT FITRAH (STUDI KASUS DI DUSUN KUBANGPARI CIHERANG BANJARSARI CIAMIS JAWA BARAT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUKUM ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN ZAKAT FITRAH (STUDI KASUS DI DUSUN KUBANGPARI CIHERANG BANJARSARI CIAMIS JAWA BARAT))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUKUM ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN ZAKAT FITRAH (STUDI KASUS DI DUSUN KUBANGPARI CIHERANG BANJARSARI CIAMIS JAWA BARAT))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap individu yang beragama Islam yang waktunya berkaitan dengan bulan suci Ramad}a>n. Tujuan dari zakat fitrah diantaranya mensucikan jiwa dan mencukupi kebutuhan orang fakir dan miskin pada hari raya Idul Fitri. Dalam penentuan mustah}iq zakat harus sangat tepat kepada mustah}iq yang telah ditentukan dalam nas} sehingga tujuan dari zakat itu sendiri terlaksna. Praktik pengelolaan zakat fitrah di Dusun Kubangpari Desa Ciherang Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis Jawa Barat berbeda dengan pengelolaan yang seharusnya dilaksanakan sesuai ajaran hukum Islam. Praktik pendistribusian zakat fitrah di dusun tersebut dibagikan secara merata oleh para ‘a>mil kepada warga sekitar karena seluruh warga dianggap sebagai fakir miskin dengan tanpa memandang dan mempertimbangkan keadaan ekonomi sebagai mustah}iq. Mengapa zakat fitrah di Dusun Kubangpari dibagikan secara merata baik kepada orang miskin maupun orang kaya? Kemudian bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktek tersebut? Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) , yaitu data yang diperoleh dari penelusuran langsung mengenai pengelolaan zakat fitrah di Dusun Kubangpari Ciherang Banjarsari Ciamis Jawa Barat, sedangkan sifat penelitian dalam penelitian ini menggunakan preskriptif analitik. Dalam mendapatkan data yang real, penyusun melakukan observasi dan wawancara langsung kepada pihak‘a>mil zakat, ketua DKM, tokoh masyarakat, ustaz| dan warga setempat). Sedangkan pendekatan yang penyusun lakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan normatif, yaitu menyelesaikan masalah dengan mengacu pada nas} (al-Qur’an dan hadis) serta pendapat para ulama dan ‘urf, sedangkan dalam menganalisis data penyusun menggunakan analisis kualitatif dengan cara menganalisis seluruh data yang terkumpul kemudian diuraikan dan disimpulkan dengan metode induktif. Praktik pendistribusian zakat fitrah di Dusun Kubangpari merupakan ‘urf fa>s}id dan tidak dapat dibenarkan dalam hukum Islam karena mustah}iqnya tidak sesuai dengan apa yang disebutkan dalam al-Qur’an surat at-Taubah: 60 dan tidak sesuai dengan hadis Nabi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: Drs. H. ABU BAKAR ABAK, M.M.
Subjects: Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Apr 2015 06:46
Last Modified: 04 May 2016 06:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15911

Actions (login required)

View Item View Item